Siap Digunakan, Ini Kapasitas RS Darurat di Pulau Galang hingga Sebaru

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 10:37 WIB
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono
Foto: Farih/detikcom
Jakarta -

Pemerintah mempersiapkan rumah sakit tempat penanganan pasien Corona di Kepulauan Natuna, Pulau Sebaru, Pulau Galang, dan Wisma Atlet. Rumah sakit ini disebutkan telah dalam kondisi siap.

"Tempat-tempat rumah sakit darurat tersebut sampai saat ini dalam kondisi siap dan standby," ujar Panglima Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, dalam konferensi persnya di BNPB, Jumat (3/4/2020).



Yudo mengatakan kapasitas di Natuna nantinya dapat menampung 500 orang dan di Pulau Sebaru 250 orang. Sedangkan di Wisma Atlet, Yudo menyebut saat ini telah merawat 453 orang.

"Untuk di Natuna, berkemampuan 500 orang, kemudian di Sebaru berkemampuan 250 orang. Kemudian yang saat ini sedang beroperasi dan melaksanakan perawatan pasien yaitu Wisma Atlet, yang saat ini sedang merawat atau pasien rawat inap ada 453 orang," tuturnya.

Sedangkan rumah sakit di Pulau Galang, disebut saat ini telah 96 persen siap digunakan. Untuk kapasitasnya, Yudo menyebut RS Darurat itu bisa menampung hingga 460 orang.



"Kemudian untuk Rumah Sakit Galang yang kemarin sudah ditinjau oleh Bapak Presiden yang rencana tanggal 6 akan melaksanakan operasional, di mana sampai saat ini kesiapannya mencapai 96 persen," kata Yudo.

"Bangunan-bangunan yang renovasi maupun yang bangunan baru yaitu terdiri dari gedung observasi yang berjumlah bisa menampung 240 bed, kemudian ada gedung observasi 2 50 bed, dan gedung observasi 1 50 bed, serta gedung-gedung lain sebagai pendukung, ini bisa menampung semuanya 460 pasien apabila akan digunakan," sambungnya.

Kesiapan RS Darurat Corona di Pulau Galang Capai 96%:

(dwia/dhn)