Peserta Ijtima Dunia Gowa Mulai Lapor Kondisi Kesehatan ke Dinkes Kaltim

Suriyatman - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 00:40 WIB
ijtima ulama zona dunia
Foto: Peserta Ijtima Dunia tiba di Bandara Sultan Hasanuddin (Mohammad Qadri/detikcom)
Samarinda -

Para peserta Ijtima Dunia zona Asia, yang sempat ke Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai melaporkan keberadaan mereka kepada Dinas Kesehatan Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk melalui hotline 112. Mereka juga melaporkan kondisi kesehatan mereka, di mana beberapa di antaranya mengaku mengalami gejala klinis mirip Corona (COVID-19).

"Beberapa laporan dari daerah banyak para peserta Ijtima di Gowa yang sudah menunjukan gejala klinis, sehingga tim dokter harus melakukan isolasi di rumah sakit. Beberapa pasien malah ditemukan tanpa gejala, dan oleh tim medis juga disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan tim kesehatan setempat," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak kepada wartawan saat melakukan teleconference melalui aplikasi Zoom, Kamis ( 2/4/2020) sore.

Dia mengatakan saat ini ada 21 kasus positif, 121 pasien dalam pengawasan dan 1 orang meninggal dunia akibat Corona di Kaltim.

"Total PDP ada 121 kasus, 21 positif, 51 proses, 1 orang meninggal, sisanya negatif," ujar dia.

PDP mengalami peningkatan signifikan dengan penambahan 15 kasus. Tambahan kasus PDP berasal 8 dari Kutai Kartanegara, 1 dari Penajam Paser, 1 dari Penajam Paser Utara, 4 dari Balikpapan dan 1 dari Samarinda.