Corona Menyebar di Sulteng, Perayaan HUT Provinsi Ke-56 Ditiadakan

M Qadri - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 18:36 WIB
virus corona
Ilustrasi virus Corona (Getty Images/iStockphoto/wildpixel)
Palu -

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yang jatuh pada 13 April 2020, ditiadakan. Keputusan ini diambil mengingat penyebaran virus Corona (COVID-19) di Sulteng terus bertambah.

"Sulteng saat ini ada dua pasien terkonfirmasi positif Corona dan orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP) terus bertambah. Sesuai perintah, salah satu upaya memutuskan rantai penyebaran virus tersebut, perayaan HUT Sulteng ke-56 ditiadakan," kata juru bicara COVID-19 Sulteng, Haris Karimin, saat dihubungi, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, pembatalan perayaan HUT tersebut tidak hanya berlaku untuk Provinsi Sulteng. Dia mengatakan 13 kabupaten dan 1 kota di Sulteng juga tidak menggelar perayaan.

"Dalam upaya penanganan virus Corona, tidak akan ada lagi acara dalam bentuk apa pun. Baik kegiatan pemerintah maupun kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pihak lainnya,"ucapnya.

Selain itu, anggaran perayaan HUT yang sudah dilakukan pembahasan pada tahun sebelumnya akan dialihkan untuk penanganan virus Corona. "Saya belum tahu angka atau nilainya, untuk teknisnya secara menyeluruh ada di TAPD, besok saya tanyakan," ucapnya.

Data per hari ini, ada dua orang terkonfirmasi positif Corona di Sulteng. Selain itu, ada 26 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

(jbr/jbr)