Walkot Banda Aceh Minta Keuchik Kawal ODP Corona agar Tak Keluar Rumah

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 18:27 WIB
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.
Aminullah Usman (Mochammad Zhacky/detikcom)
Banda Aceh -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan mayoritas orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau COVID-19 di Aceh adalah warga yang baru pulang dari luar kota. Dia menginstruksikan para Camat hingga keuchik (kepala desa) untuk mengawal para ODP agar tak keluyuran.

"Sebagian besar orang dalam pemantauan (ODP) terkait COVID-19 adalah mereka yang kembali dari luar daerah. Dari pengalaman yang sudah terjadi sangat penting saya sampaikan hari ini jangan menganggap enteng ODP," kata Aminullah kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Aminullah meminta warga yang baru pulang kampung melapor ke perangkat desa. Para camat juga diminta membuat laporan melalui keuchik agar masyarakat patuh dengan aturan tersebut.

"Siapa saja yang datang atau pulang dari luar daerah harus betul-betul gampong menjamin mereka dikarantina, tidak boleh keluar rumah. Ini harus kita kawal. Jadi ini yang harus disampaikan kepada para keuchik," jelas Aminullah.

Selain itu, para camat dan keuchik diminta memberi pemahaman bagi ODP yang masih berkeliaran. Dia meminta setiap orang sadar untuk menjaga kesehatan masing-masing dan orang lain.

"Mohon kesadaran masyarakat, demi keselamatan kita bersama untuk melaporkan kepada keuchik. Apabila melanggar akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Aminullah.

Aminullah juga bicara soal pemberlakuan jam malam. Dia meminta masyarakat mengamankan desa dan tidak membuat keramaian.

"Mari kita selalu waspada dan mengajak warga di desa-desa secara pribadi untuk terus berdoa, mudah-mudahan COVID-19 ini jauh dari Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia, bahkan dunia," sebutnya.

(agse/haf)