Luhut soal Tak Mudik Hanya Sebatas Imbauan: Pertimbangan Utamanya Ekonomi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 14:18 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan.
Luhut Binsar Pandjaitan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan alasan pemerintah hanya memberikan imbauan, bukan larangan tegas, agar warga tidak mudik di tengah pandemi Corona (COVID-19). Luhut mengatakan pemerintah tidak ingin aktivitas ekonomi mati.

"Jadi pertimbangan utama kita supaya juga ekonomi itu tidak mati sama sekali. Dan ini kami lihat setelah kita hitung semua ini mungkin pilihan yang terbaik. Dari banyak pilihan yang mungkin juga tidak cocok," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4/2020). Luhut menjawab pertanyaan apa pertimbangan utama pemerintah memutuskan urusan mudik ini hanya sebatas imbauan, bukan larangan tegas.

Luhut mengatakan pemerintah terus mengimbau warga tidak mudik karena dikhawatirkan membawa penyakit ke kampung halaman. Bagi warga yang tidak mudik, pemerintah akan memberikan kompensasi.

"Jadi yang pertama, pertimbangan utamanya, kita lihat, menjawab pertanyaan tadi juga bahwa orang kalau dilarang pun mudik saja gitu. Jadi kita nggak mau. Jadi sekarang kita imbau kesadaran bahwa kalau anda mudik, pasti bawa penyakit. Hampir pasti bawa penyakit. Kalau membawa penyakit itu di daerah terbukti ada yang meninggal, bisa keluargamu. Nah kita nggak mau itu, oleh karena itu kita anjurkan untuk tidak mudik. Nah karena tidak mudik, kita harus beri kompensasinya di sini dan itu kita lakukan," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2