Luhut: Dari Hasil Modelling, Virus Corona Nggak Kuat di Cuaca Indonesia

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 14:08 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan.
Luhut Binsar Pandjaitan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan COVID-19 alias Corona tak cocok hidup di cuaca Indonesia. Luhut menyebut Corona tak kuat hidup di cuaca panas.

"Dari hasil modelling kita yang ada, cuaca Indonesia, ekuator ini yang panas dan juga humidity tinggi itu untuk COVID-19 ini nggak kuat," ujar Luhut saat melakukan rapat koordinasi yang disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4/2020).

Luhut mengatakan, meski demikian, masyarakat tak boleh juga menganggap enteng virus ini. Luhut mengatakan disiplin menjaga jarak (physical distancing) tetap perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus ini.

"Tapi kalau tadi jaga jarak tidak dilakukan itu juga jadi tidak berarti, sekarang ini tergantung kita, kita mau bagaimana, semua," katanya.

Luhut sebelumnya menegaskan pemerintah tak pernah ragu dalam membuat keputusan terkait penanganan virus Corona (COVID-19). Luhut mengatakan semua pertimbangan dihitung secara cermat oleh pemerintah.

"Sekali lagi saya ingin garis bawahi tidak ada pernah keragu-raguan pemerintah atau lambat dalam membuat keputusan, sama sekali tidak, proses pengambilan keputusan itu dibuat secara cermat mendengarkan semua, dihitung semua," kata Luhut

Luhut mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah. Luhut memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada mereka.

Tonton juga video Luhut: Tak Semua Negara Berhasil Terapkan Lockdown:

(zlf/fjp)