Jokowi Minta Mendagri Tegur Pemda yang Blokir Jalan karena Distribusi Terganggu

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 11:59 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegur pemerintah daerah yang menutup jalan. Jokowi menyebut pemblokiran itu membuat distribusi kebutuhan pokok terganggu.

"Kemudian juga kita ingin memastikan semuanya agar distribusi logistik lancar. Kebutuhan pokok tersedia di pasar-pasar," kata Jokowi saat membuka ratas Persiapan Ramadan dan Idul Fitri 1441 H di Istana Bogor, Kamis (2/4/2020).

Jokowi kemudian memerintahkan Mendagri Tito menegur kepala daerah yang menutup akses jalan. Dia ingin distribusi bahan pokok tetap jalan di tengah pandemi Corona.

"Ini saya harapkan Mendagri juga memberikan teguran kepada daerah-daerah yang memblokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik tidak terganggu," ucapnya.

Jokowi mengaku telah menerima laporan dari sejumlah daerah yang terganggu akibat penutupan akses itu. Dia meminta kepala daerah diberi tahu masalah tersebut.

"Karena saya kemarin mendapat laporan dari dua daerah urusan beras ini agak terganggu karena jalan-jalan ditutup. Jadi tolong kepala daerah diberi tahu mengenai ini," tegas Jokowi.

Jokowi Minta Permenkes Tentang PSBB Kelar 2 Hari:

(lir/fjp)