Jokowi Bicara Perlindungan Sosial, Sitir Pernyataan Anies Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 10:38 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi mengingatkan pentingnya pengawasan di level kelurahan dan desa. Jokowi ingin setiap pemudik dimasukkan ke orang dalam pemantauan (ODP) Corona.

"Kemudian di hilir, pengawasan dan pengendalian di level daerah utamanya di level kelurahan dan level desa saya lihat sekarang ini sudah mulai digerakkan oleh daerah dan mulai bergerak. Saya ingin mendorong agar ada partisipasi di tingkat komunitas baik di RT sehingga pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa diberlakukan sebagai orang dalam pemantauan sehingga melakukan isolasi mandiri dan kemarin saya sampaikan dana desa dapat digunakan sebagai jaring pengaman sosial di desa saya kira itu," ujar dia.

Kembali ke soal bantuan di Jakarta, Anies sebelumnya mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah memikirkan tentang nasib para pekerja harian yang bakal terdampak penerapan social distancing demi mencegah penyebaran virus Corona. Ada bantuan yang akan disampaikan secara bertahap.

"Jadi ini punya konsekuensi yang tidak sederhana karena kemudian sebagian dari masyarakat kita yang memiliki pekerjaan mengandalkan pada penghasilan harian itu akan terdampak," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/3/2020).

"Kita sudah menghitung dan memiliki datanya, ini merujuk kepada para penerima bantuan-bantuan dari Pemprov DKI untuk subsidi ada 1,1 juta orang di Jakarta yang itu semua nanti kita semua secara bertahap memberikan bantuan," ucap Anies.

Anies menyebut pihaknya masih merumuskan pemberian bantuan itu. Besarannya pun tengah dibahas.

"Sekarang sedang dirumuskan besaran, metode mengikuti perkembangan," tutur Anies.

Halaman

(knv/fjp)