Yasonna Ungkap Pegawainya Diperiksa Terkait Corona, Ada 1 yang Meninggal

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 20:10 WIB
Yasonna Laoly ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom).
Menkum HAM Yasonna Laoly (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly mengungkap data pegawainya yang diperiksa terkait virus Corona. Dari jumlah yang disampaikan, Yasonna menyebut ada seorang pegawai yang meninggal dunia dan sehari-hari bertugas di gedung Sentra Mulia Kemenkum HAM.

"Tapi ada data sama kami yang positif 3, PDP 5, 12 ODP, itu seluruh kementerian. (Ada) 1 sembuh, 1 meninggal, yang di kantor Sentra Mulia. Dia mempunyai riwayat sakit mag, sakit asma yang berat. Jadi 1 meninggal," kata Yasonna dalam rapat melalui teleconference bersama Komisi III DPR, Rabu (1/4/2020).

Yasonna mengatakan pihaknya sudah memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home di lingkungan Kemenkum HAM. Ia juga mengungkap ada 5 petugas Bandara Soekarno-Hatta yang positif Corona, dan 3 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

"Sedangkan di kantor kementerian kami sudah melakukan work from home. Memang ada petugas kita di Bandara Soetta 5 orang terkena, tapi sudah sehat 3," ujarnya.

Yasonna juga memastikan belum ada warga binaan di lapas yang terinfeksi Corona. Ia menyebut protap pencegahan Corona di lapas dan rutan diberlakukan lebih ketat dari pada di lingkungan kementerian.

"Setiap petugas yang batuk, setiap petugas yang terindikasi, kami punya standarnya, jadi tidak boleh masuk kerja. Jadi ini standar kita bekerja. Kami menyadari betul bahwa overkapasitas di lapas itu sangat mengerikan, maka protapnya melebihi dari yang ada di kementerian sendiri," tuturnya.

(azr/fjp)