Updated

Sebagian Area Komersial Lippo Plaza Mampang Disulap Jadi RS Corona

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 17:14 WIB
RS Darurat Apartemen Nine Residence/Istimewa
RS di Area Komersial Lippo Plaza Mampang/(Foto: Istimewa
Jakarta -

Area komersial di Lippo Plaza Mampang di Warung Buncit, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, akan disulap menjadi rumah sakit virus Corona (COVID-19). Hal itu dilakukan untuk menambah kapasitas ruang perawatan pasien virus Corona.

Direktur Public Relations & External Relations Lippo, Danang Kemayan Jati, menyebutkan bantuan fasilitas layanan kesehatan itu didasari atas keprihatinan pihaknya terhadap wabah COVID-19 di Indonesia. Dia menyebut apartemen yang disulap menjadi rumah sakit darurat terdiri atas tiga lantai.

"Jadi ini atas keprihatinan kita terhadap wabah yang seperti ini. Jadi apa yang bisa diperbuat, ya sebenarnya di bawah itu kan fasilitas pendukung, bukan mal. Sekarang kita fungsikan untuk mendukung pemerintah," ujar Danang saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (1/4/2020).

Danang menjelaskan, RS darurat COVID-19 ini nantinya memiliki kapasitas 415 tempat tidur. Namun, lanjut dia, untuk tahap awal pihaknya baru menyediakan 180 tempat tidur.

"Sekarang kita perluas jadi punya kapasitas sekitar 415 tempat tidur. Tapi untuk tahap awal kita siapkan 180 tempat tidur," katanya.

Danang menyebut rumah sakit ini fungsinya sama seperti Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Dalam hal fasilitas juga ini akan sama seperti rumah sakit pada umumnya.

"Fasilitasnya seperti rumah sakit biasa. Ada CT scan, macam-macam lah. Ini full khusus untuk COVID-19 sebagai rumah sakit rujukan. Jumat bisa dioperasikan," ucapnya.

Danang menuturkan langkah ini merupakan bentuk kesadaran untuk saling membantu mengatasi wabah virus Corona di tanah air. Dia berharap semakin banyak rumah sakit yang menangani pasien Corona dapat lebih cepat menyelesaikan permasalahan penyebarannya.

"Membantu pemerintah untuk bahu-membahu agar wabah COVID-19 ini bisa hilang dan masyarakat Indonesia bisa bahagia dan sembuh," pungkasnya.

Redaksi melakukan pengubahan judul dan sebagian isi berita karena adanya misintepretasi dari informasi yang disampaikan oleh pihak Lippo mengenai letak bangunan yang akan dijadikan RS Darurat Corona. Sebelumnya Redaksi menuliskan bahwa apartemen Nine Residence yang akan disulap menjadi RS Darurat Corona. Redaksi meminta maaf atas kekeliruan pada berita sebelum diubah.