Wawancara Lengkap Jokowi dari Komparasi Lockdown vs PSBB hingga RS Corona

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 14:32 WIB
Presiden Jokowi di Pulau Galang
Presiden Jokowi di Pulau Galang (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung kesiapan fasilitas kesehatan darurat yang dibangun di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Jokowi kembali menegaskan harapannya agar rumah sakit darurat itu tidak digunakan terkait pandemi virus corona terbaru (COVID-19).

"Semuanya ini kan semuanya ini memang kita rencanakan dan kita siapkan. Kita berharap tidak terjadi tapi paling tidak kita siap," kata Jokowi di Pulau Galang seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/4/2020).

Jokowi turut mengingatkan pada para kepala daerah untuk tidak bergerak sendiri tanpa arahan dari pemerintah pusat. Satu visi menjadi penekanan Jokowi.

"Kita ini kan bekerja berdasarkan aturan undang-undang yang ada, kita bekerja juga karena amanat konstitusi, jadi pegangannya itu aja. Kalau ada undang-undang mengenai kekarantinaan kesehatan ya itu yang dipakai, jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga tidak... entah di dalam pemerintahan, tidak berada pada satu garis visi yang sama, karena ini... yang paling penting menurut saya bagaimana kerja sama antara pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah," imbuh Jokowi menegaskan.

Jokowi juga menyampaikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan untuk diikuti dengan disiplin. Semua daerah diminta untuk mematuhi aturan yang sudah disiapkan.

Berikut wawancara lengkap Jokowi:

Selanjutnya
Halaman
1 2