Jokowi: Pembatasan Sosial-Lalin di Daerah Masih Wajar

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 14:26 WIB
Presiden Jokowi di Pulau Galang
Presiden Jokowi di RS Pulau Galang (Andhika/detikcom)
Batam -

Sejumlah daerah melakukan isolasi wilayah secara mandiri guna memutus mata rantai penularan virus corona (COVID-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembatasan sosial dan pembatasan lalu lintas yang dilakukan daerah sejauh ini masih dalam taraf wajar.

"Bahwa ada pembatasan sosial, pembatasan lalu lintas itu pembatasan-pembatasan wajar karena daerah ingin mengontrol daerahnya masing-masing," ujar Jokowi di proyek RS Darurat Penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Jokowi menjawab pertanyaan bagaimana jika daerah sudah telanjur membuat kebijakan berbeda dari pusat soal penanganan virus Corona. Jokowi menjelaskan sejauh ini belum ada lockdown yang dilakukan.

"Tapi sekali lagi tidak dalam keputusan-keputusan besar misalnya karantina wilayah dalam cakupan gede atau yang sering dipakai lockdown," ujar Jokowi.

Salah satu penerapan isolasi wilayah misalnya menutup sejumlah akses jalan masuk ke kota. Namun, ada pula yang hingga menutup jalur darat dan laut.

Kota Tegal dan Kota Garut sudah memberlakukan isolasi wilayah ini sejak Senin (30/3). Sementara itu, Kota Bogor baru menggelar simulasi isolasi wilayah pada hari Senin.

Sedangkan Kota Tasikmalaya akan melakukan isolasi wilayah per Selasa, 31 Maret 2020. Ada pula Papua yang sudah melakukannya sejak 26 Maret lalu.

Jokowi: RS Corona Pulau Galang Maksimal Senin Bisa Digunakan:

(dkp/zap)