Jokowi Berharap RS Corona Pulau Galang Tak Dipakai: Tapi Tetap Disiapkan

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 13:48 WIB
Presiden Jokowi Tinjau RS Corona di Pulau Galang, Kepri
Presiden Jokowi Tinjau RS Corona di Pulau Galang, Kepri (Andhika/detikcom)
Batam -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap rumah sakit (RS) penanganan virus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau, tidak digunakan. Namun dia menegaskan pemerintah tetap menyiapkan RS tersebut sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi peningkatan kasus infeksi virus Corona yang signifikan.

"Semuanya ini memang kita rencanakan dan kita siapkan, kita berharap tidak terjadi, tapi paling tidak kita siap," ucap Jokowi di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Jokowi juga mencontohkan dengan Wisma Atlet yang disulap menjadi RS darurat untuk menangani Corona. Dia menyebut ruangan di Wisma Atlet baru sebagian yang digunakan untuk menampung pasien Corona.

"Wisma atlet kita siapkan 2.400 bed siap, tetapi sampai saat ini baru digunakan 400. Di sini juga sama, 360 bed dan untuk isolasi 20 ICU, 30 non-ICU kita harapkan ini nggak dipakai tapi kita siapkan, kita siap," katnaya.

Jokowi mengatakan pembangunan RS penyakit menular di Pulau Galang tersebut memang khusus disiapkan untuk menangani kasus Corona. Dia kembali berharap RS tersebut tidak digunakan.

"Sejak awal saya katakan ini dibangun untuk menyiapkan itu. Saya harapkan ini nggak dipakai," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2