Jokowi: Kunci Tangan Kita Agar Penularan Corona Bisa Dicegah

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 13:37 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Batam -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat disiplin dalam menerapkan aturan kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19). Cuci tangan harus selalu dilakukan setelah berkegiatan.

"Jadi kalau kita semuanya disiplin lakukan itu, jaga jarak aman, cuci tangan, setiap habis kegiatan cuci tangan, jangan pegang hidung mulut atau mata, kurangi itu. Kunci tangan kita sehingga penularannya bisa dicegah," kata Jokowi di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Jokowi juga mengingatkan masyarakat selalu menjaga jarak aman. Social distancing, kata dia, harus selalu dilakukan.

"Semua masyarakat harus menjaga jarak. Jaga jarak aman yang paling penting, yang kita sampaikan sejak awal, social distancing, physical distancing, itu terpenting," tuturnya.

Menurut Jokowi, langkah-langkah tersebutlah yang lebih cocok diterapkan di Indonesia untuk memerangi pandemi Corona. Mengingat penanganan wabah COVID-19 harus disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

"Karena dari pengaman-pengaman 202 negara yang telah buat policy, policy, policy, kita pelajari semuanya ada plus dan minus. Tentu saja kita sesuaikan dengan kondisi negara kita, baik geografis, demografi, karakter budaya, kedisiplinan, dan juga kemampuan fiskal kita," kata Jokowi.

(mae/fjp)