Kemenag Rancang WA Center untuk Sebar Info Haji hingga Layanan Pernikahan

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 13:27 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Foto: Gedung Kemenag/Istimewa
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) tengah merancang chatbot WhatsApp untuk menyampaikan layanan lebih mudah kepada masyarakat. Layanan ini dirancang agar masyarakat tak perlu keluar rumah di saat pandemi Corona untuk tahu soal layanan dari Kemenag.

"Kita sedang men-develop WA center di mana semua informasi yang dilakukan oleh Kemenag khususnya oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Kemenag itu bisa diakses melalui WA," ujar Juru Bicara Kemenag, Oman Faturahman, dalam video conference Majelis Reboan Kemenag, Rabu (1/4/2020).

Oman menjelaskan, WA Center ini dibuat untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai layanan apa saja di Kemenag yang terdampak wabah COVID-19. Misalnya, layanan seputar haji dan umroh hingga Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kita akan menyediakan setidaknya ada enam informasi besar yang bisa diakses melalui WA center Kemenag. Yang pertama, kabar terkini kebijakan Kemenag, karena kebijakan-kebijakan Pak Menteri berikut Eselon I itu sudah banyak, mulai dari umroh, ketika umroh paling pertama terdampak itu kabar terkini, surat edaran nomor berapa bisa diakses, bisa diunduh secara terintegrasi," ucapnya.

"Kemudian apa saja layanan di Kemenag yang terdampak, informasi agak simpang siur di lapangan KUA ini, layanan pernikahan bisa apa tidak," sambungnya.

Oman mengatakan, WA Center ini dibuat bertujuan untuk menangkal Informasi tidak benar (hoax) terkait layanan yang ada di Kemenag. Oman berharap, WA Center ini sudah bisa digunakan paling lambat pekan depan.

"Intinya WA Center ini informasi pertama, terintegrasi satu pintu dan tidak hoax dan cepat dan terukur. Saya kira paling lambat pekan depan bisa disosialisasikan kepada masyarakat," katanya.

Cegah Penularan Corona, Polisi Hentikan Resepsi Pernikahan di Kendari:

(jbr/jbr)