Cegah Penyebaran Corona, 2 Pelabuhan di Barru Ditutup Sementara

Hasrul Nawir - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 11:49 WIB
Suasana lengang terjadi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Pelabuhan tersibuk se-Indonesia ini ditutup selama satu hari penuh menghormati hari raya Nyepi.
Ilustrasi pelabuhan (Ardian Fanani/detikcom)
Barru -

Dua pelabuhan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Pelabuhan Awerangnge dan Pelabuhan Garongkong resmi ditutup sementara waktu. Pemerintah Kabupaten Barru sebelumnya sudah koordinasi dengan PT ASDP dan Dirjen Perhubungan laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Untuk Pelabuhan Awerange, kita minta KM Binaiya tidak masuk dulu dan ditutup untuk penumpang. Sementara Pelabuhan Garongkong tanggal 4 sudah ditutup, karena tiket kapal sudah terlanjur terjual," kata Bupati Barru, Suardi Saleh, saat dihubungi detikcom, Rabu (1/4/2020).

Keputusan ini, kata Suardi, berdasarkan pertimbangan yang sangat matang mengingat penyebaran virus Corona (COVID-19). Menurutnya, menutup pelabuhan sebagai bagian upaya memutus penyebaran Corona.

"Kita sudah berusaha mencegah memutus mata rantai penyebaran tapi kalau misalnya pintu pelabuhan masih terbuka itu menurut hemat kami kurang efektif," jelasnya.

Suardi memberikan contoh, saat ini di Barru ada seorang pasien dalam pengawasan (PDP). PDP tersebut merupakan penumpang yang masuk lewat Pelabuhan Garongkong.

"Apalagi kapal penumpang yang bersandar di dua pelabuhan ini berasal dari daerah endemik di Kalimantan, bahkan 1 penumpang dari KM Awu-awu yang tercatat PDP di Barru yang merupakan warga Kabupaten Gowa masuk lewat pelabuhan, dia TKI Malaysia. Kalau tidak ditutup kami takut penyebarannya, tugas pemerintah untuk melindungi masayarakatnya," tutur Suardi.

Selanjutnya
Halaman
1 2