Round-Up

Status Darurat Kesehatan di Tengah Pandemi yang Kian Mengkhawatirkan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 06:36 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menetapkan status darurat kesehatan atas wabah virus corona COVID-19 yang kian mengkhawatirkan di Indonesia. (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Pemerintah pusat di bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan status darurat kesehatan atas wabah virus corona COVID-19 yang kian mengkhawatirkan di Indonesia. Hampir satu bulan, kasus positif virus corona menyentuh angka 1.528.

Keputusan ini disampaikan langsung Jokowi dalam pernyataannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). Faktor risiko wabah COVID-19 yang menjadi landasan pemerintah.


"Pemerintah telah menetapkan COVID-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Dan oleh karenanya pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat," kata Jokowi.

Jokowi sudah memutuskan opsi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait pandemi virus corona di Indonesia. Kebijakan ini sudah diambil dari rapat terbatas hari Senin (30/3).


PSBB ditetapkan Menkes yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Landasan hukumnya UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Untuk mengatasi dampak wabah tersebut, saya telah memutuskan dalam rapat kabinet, opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB," ujar Jokowi.

Belajar dari Sejarah Kelam Flu Spanyol untuk Hadapi COVID-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2