Round-Up

Kondisi Membaik Menhub Budi Karya yang Sebarkan Seruan Lawan Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 23:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang dinyatakan positif virus Corona (COVID-19), disebut makin membaik. Budi Karya pun menyerukan pesan untuk melawan Corona.

Budi Karya diumumkan positif virus Corona pada Sabtu (14/3/2020) lalu. Mensesneg Pratikno mengumumkan langsung kondisi Budi Karya atas izin keluarganya.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

Budi Karya tercatat sebagai pasien positif virus Corona ke-76. Budi dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

Kondisi Budi Karya dilaporkan membaik pada Selasa (17/3) atau 3 hari setelah dia diumumkan positif Corona. Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah COVID-19, Achmad Yurianto, menyebut kondisi Budi stabil.

"Kondisi sekarang bagus. Kami sudah berkomunikasi dengan dokter yang merawat, keadaannya stabil, mengarah ke arah perbaikan yang signifikan," ujar Yuri.

Lama tak terdengar kabarnya, Budi Karya muncul dalam sebuah video dan berbicara soal semangat melawan Corona. Kondisi Budi Karya pun disebut makin membaik.

Menhub Budi Karya serukan lawan CoronaMenhub Budi Karya menyerukan lawan Corona. (Foto: Istimewa)

"Alhamdulillah Pak Budi Karya Sumadi semakin membaik. Optimis lawan Corona. Kondisi Pak Menhub semakin membaik didampingi dr Kapt Maulidi Abdillah, sebagai dokter rehab medi," kata Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi kepada wartawan, Selasa (31/3).

Budi Arie juga mengirim video yang menunjukkan dr Kapt Maulidi bersama Budi Karya. Budi Karya terlihat berbaring di ranjang rumah sakit dan sedang memakai masker. Budi Karya menyampaikan kesan dan pesan selama dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

"Gimana kesan-pesannya?" tanya dr Kapt Maulidi, yang memakai hazmat suit dan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Top banget. Fisioterapisnya top. Keluargo. Dulur kito. Alhamdulillah. Semangat! Lawan COVID-19!" ujar Budi Karya dengan suara agak serak.

(azr/eva)