Round-Up

Janji Kapolri untuk Lebih Santuy Ingatkan Warga Jangan Kumpul-kumpul

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 22:24 WIB
Komisi III DPR pagi ini menggelar rapat kerja dengan Kapolri Jenderal Idham Azis. Ini merupakan rapat perdana Idham Azis sebagai Kapolri.
Kapolri Idham Azis (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis tidak membantah bahwa masih ada 'anak buahnya' yang bertindak kurang pas saat membubarkan warga. Idham berjanji akan mengingatkan jajarannya untuk lebih humanis saat membubarkan warga yang masih berkumpul di tengah wabah virus Corona (COVID-19).

Janji tersebut diucapkan Idham dalam rapat dengan Komisi III DPR RI yang digelar secara virtual, Selasa (31/3/2020), siang. Awalnya, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir yang menyinggung viral polisi membentak-bentak warga saat membubarkan kerumunan.

"Termasuk juga SOP yang ketiga SOP dari kepolisian dalam menjalankan hal ini di lapangan karena kami melihat ada beberapa daerah yang sudah disampaikan Pak Kapolri tadi itu sangat baik betul-betul persuasif pendekatannya. Tetapi juga kami melihat di viral masih ada juga Polri yang membentak-bentak itu," kata Adies dalam rapat.

Adies tak memungkiri bahwa polisi harus bersikap tegas terhadap warga yang masih berkumpul. Namun politikus Partai Golkar itu meminta polisi juga mengedepankan sikap persuasif.

"Jadi kami ingin satu betul-betul tegas tetapi juga memperhatikan persuasifnya terhadap masyarakat yang melakukan kumpul-kumpul tersebut," ujar Adies.

Selanjutnya
Halaman
1 2