Profil Bob Hasan, 'Raja Hutan' Kawan Pak Harto yang Meninggal Dunia

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 19:03 WIB
Ketua Umum PB PASI Bob Hasan. file/detikFoto.
Bob Hasan. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Bob Hasan meninggal dunia hari ini, Selasa (31/3/2020) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Daerah (RSPAD) Gatot Soebroto pukul 11.00 WIB. Dia wafat karena sakit kanker paru-paru yang sudah lama diidapnya.

Bob Hasan yang menjadi Ketua PB PASI sejak tahun 1978 termasuk ketua cabang olahraga yang sukses menciptakan atlet berprestasi. Dia aktif membina atletik yang membuatnya dijuluki bapak atletik Indonesia.

Nama pria kelahiran Semarang 24 Februari 1931 itu juga dikenal cukup lama sebagai pengusaha yang gigih dan sukses. Dia tercatat pernah memimpin sejumlah perusahaan yang bergerak di industri kayu dan perhutanan.

Sejumlah perusahaan yang pernah dia pimpin antara lain PT Kalimanis Plywood, PT Wasesa Lines, PT Pasopati Holding Company, PT Karana Shipping Lines, PT Hutan Nusantara, PT, Lifetime Assembly of Watch and Electrical Equipment, hingga PT McDermott Indonesia.

Pria dengan asli The Kian Seng itu pun mendapat gelar 'Raja Hutan'. Di akhir kekuasaan Orde Baru, Bob Hasan diangkat menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII oleh Presiden Soeharto.

Tak lama dia menjabat sebagai menteri, sebab pada 21 Mei Mei 1998 Soeharto menyerahkan kekuasaan kepada BJ Habibie. Bob Hasan dikenal dekat dengan keluarga Presiden Soeharto. Kedekatan mereka terjadi sejak Soeharto menjabat sebagai Panglima Kodam Diponegoro, Jawa Tengah kurun waktu 1957 - 1959.

Sejak itu Bob Hasan dan Soeharto berkawan karib. Mereka berdua sering terlihat main golf bersama. Hingga akhirnya Bob Hasan pun menjadi salah satu orang yang dipercaya Soeharto dan keluarganya.

(lus/erd)