Pernyataan Lengkap Anies soal Belanja Bisa dari Rumah Saat Wabah Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 18:49 WIB
anies baswedan
Anies Baswedan (Mochammad Zhacky/detikcom)

Berikut ini pernyataan lengkap Gubernur Anies Baswedan, bersama dengan Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin:

Anies Baswedan:

Sore ini saya sampaikan beberapa kebijakan terkait dengan kebutuhan warga Jakarta selama mereka tinggal di rumah, dan kurangi kegiatan berpergian.

Salah satu tantangan utama ketika tinggal di rumah, kemudian harus memenuhi kebutuhan adalah mekanisme mendapatkannya, distribusi. Bersama saya Direktur Perumda Pasar Jaya, kita buat program, insyaallah masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berbelanja secara jarak jauh sehingga masyarakat Jakarta bisa membeli kebutuhannya di pasar dengan secara langsung menelepon setiap pedagang yang ada di pasar itu.

Misal yang terbiasa ke Pasar Rumput, silakan Anda datang ke web atau Instagram-nya Pasar Jaya, di situ ada pilihan-pilihan, misal pilih Pasar Rumput, sesudah itu ada daftar pedagang Pasar Rumput, dan nomor telepon. Sehingga keluarga di Jakarta tidak perlu pergi ke luar rumah. Telepon pedagangnya dan lalu membeli, nanti akan dikirim menggunakan jasa pengantaran ojek online, dan pengantarannya pun sudah bekerja sama dengan Pasar jaya.

Ini dilakukan untuk lebih dari 50 pasar di Jakarta. Kebutuhan pokok warga Jakarta bisa dipenuhi tanpa berpergian, cukup dengan hubungi pedagang secara langsung. Pedagang juga makin hari maki bertambah yang terdaftar. Harapannya, jual-beli yang terjadi di dalam pasar bisa kita lakukan secara digital.

Langkah ini kita lakukan mengingat hari ke depan, tanggap darurat di perpanjang dua minggu, sehingga pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang tidak mungkin bisa didapat tanpa harus menjangkau pasar. Ini masuk terobosan, semoga bisa membantu masyarakat di Jakarta. Kami berharap masyarakat Jakarta bisa memanfaatkan dengan sebaiknya.

Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin:

Tadi disampaikan Pak Gubernur, alhamdulillah testimoni sudah berjalan karena ini sudah tiga minggu, para pembeli, pelanggan pasar tradisional, tidak perlu pusing, buka Instagram Perumda Pasar Jaya, di sana kemudian ada daftar list pasar mana terdekat, di sana terdapat nomor handphone pedagang. Sehingga pelanggan sudah bisa mengakses, ada beberapa nomor pedagang yang saat ini kita lakukan filter, ada yang kadang tidak aktif, kebanyakan sudah disampaikan kepada pedagang agar pastikan handphone tetap stanby.

Poses memang tetap terjadi jual beli, tawar-menawar, baru fungsi pengantaran, ojek online akan sampaikan ke pelanggan. Jadi memang sederhana, mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Jakarta. Dan kemudian gerakan ekonomi kecil pedagang pasar tetap bisa terjaga.

selanjutnya
Halaman

(aik/zak)