DKI-Pemerintah Pusat Godok Kebijakan Minimalkan Dampak Ekonomi karena Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 17:42 WIB
Anies Baswedan dan Tito Karnavian
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya tengah menggodok kebijakan dengan pemerintah pusat terkait bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi virus Corona (COVID-19). Ini menyikapi kondisi perekonomian yang turun.

"Kami bersama dengan pemerintah pusat sedang menggodok detail kebijakan terkait dengan bantuan untuk masyarakat akibat kondisi perekonomian yang menurun. Setelah final baru nanti kita umumkan mekanismenya, besarannya, dan lain-lain. Kami tidak ingin mengumumkan sebelum ada kepastian semuanya," kata Anies dalam konferensi pers yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Pemprov DKI, Selasa (31/3/2020).

Anies mengatakan kebijakan untuk membantu masyarakat yang ekonominya menurun itu tengah dibahas detail. Menurutnya, kebijakan itu dimaksudkan untuk meminimalkan dampak ekonomi akibat virus Corona.

"Jadi kita membahas sangat detail, nanti begitu final baru nanti kita akan umumkan hasilnya. Intinya adalah meminimalkan dampak ekonomi akibat dari persoalan COVID-19 ini," ujarnya.

Pembicaraan terkait kebijakan ini telah dilakukan melalui video conference siang ini. Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud Md, serta sejumlah menteri terkait turut serta membahas kebijakan ini.

"Tapi pembicaraan berjalan terus. Siang ini juga barusan selesai berbicara video conference dengan Menko PMK, Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman, Menko Polhukam, bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju," ujar Anies.

(azr/hri)