Ditanya soal Opsi Karantina Wilayah, Ini Penjelasan Menko Luhut

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 16:16 WIB
Luhut Binsar Panjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI.
Luhut Binsar Pandjaitan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, dalam minggu-minggu ini, pemerintah akan mengambil keputusan soal karantina wilayah. Luhut mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, dalam memutuskan hal tersebut, jangan sampai rakyat menjadi korban.

"Kita akan lihat istilahnya nanti apa. Tapi saya kira dalam minggu ini akan ada keputusan mengenai itu. Yang intinya Presiden seminimum mungkin rakyat itu jangan sampai jadi korban yang terlalu parah," Kata Luhut dalam video YouTube Kemenko Maritim yang dilihat detikcom, Selasa (31/3/2020). Luhut menjawab pertanyaan apakah pemerintah akan menerapkan karantina wilayah.

Luhut menuturkan, dalam mengambil keputusan, Jokowi selalu memikirkan rakyatnya. Dia menyebutkan, jika mereka terkena dampak, semuanya juga akan terkena.

"Kalau kita kena (dampak), semua kena. Tapi beliau (Jokowi) selalu melihat pada rakyat kecil yang jumlahnya berapa puluh juta itu."

Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah sedang dalam proses merancang PP (peraturan pemerintah) terkait dengan karantina wilayah. Dia menjelaskan, masih banyak hal-hal yang harus dibereskan untuk mengakomodasi terkait kebutuhan masyarakat apabila karantina wilayah diberlakukan. Namun dia meyakini bahwa semua itu akan diselesaikan dalam waktu dekat.

"Ya itu tadi yang sudah Presiden sampaikan bagaimana menganukan ini... jadi kita mesti lihat. Tadi malam masih dibuat PP untuk mengakomodasi ini semua dan juga disiapkan banyak lagi yang masih banyak harus kita bereskan, tapi saya yakin dalam minggu ini kita bisa selesaikan semua itu," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2