MA Ralat Pemilihan Ketua, Tidak Jadi Kamis Lusa

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 13:18 WIB
Gedung Mahkamah Agung
Foto: Gedung MA (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Agung (MA) meralat waktu pemilihan Ketua MA yang dikabarkan akan digelar pada Kamis (2/4) lusa. Hingga hari ini MA belum menentukan waktu pemilihan Ketua MA pengganti Hatta Ali.

"Mohon maaf, undangan yang beredar itu tidak benar," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Selasa (31/3/2020).

Undangan yang dimaksud adalah undangan cetak yang ditandatangani Ketua Panitia Pemilihan Ketua MA, AS Pudjoharsoyo. Sehari-hari Pudjo adalah Sekretaris MA. Dalam undangan itu tertulis Rapat paripurna khusus Pemilihan Ketua MA RI pada Kamis, 2 April 2020 pukul 09.00 WIB. Undangan itu dikirim via WA ke detikcom.

"Sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari Ketua MA dan Sekretaris MA," ujar Andi Samsan Nganro lagi.

Sebagaimana diketahui, Hatta Ali menjadi Ketua MA pada 2012 hingga 2017 menggantikan Harifin Tumpa. Setelah itu ia terpilih kembali 5 tahun ke depan. Tapi karena Hatta Ali pensiun sebagai hakim agung tahun ini, maka ia harus menyudahi kepemimpinannya.

Selama menjadi Ketua MA, Hatta Ali menanggalkan palu dan tidak mengadili perkara sama sekali. Ia fokus melakukan manajemen kelembagaan.

(asp/gbr)