Unsyiah Aceh Punya Alat Tes Virus Corona, Bisa Uji 96 Sampel dalam Sejam

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 12:45 WIB
Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh punya satu unit Polymerase Chain Reaction (PCR) atau alat tes virus Corona berstandar WHO.
Foto: Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh punya satu unit Polymerase Chain Reaction (PCR) atau alat tes virus Corona berstandar WHO. (dok Unsyiah Aceh)
Banda Aceh -

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh punya satu unit Polymerase Chain Reaction (PCR) atau alat tes virus Corona berstandar World Health Organization (WHO). Unsyiah menyatakan siap untuk melakukan uji sampel COVID-19 di Tanah Rencong.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan, kampus berjuluk Jantong Hate Rakyat Aceh ini sedang merampungkan persiapan untuk menjadi tempat pengujian serta penanganan virus Corona. Ada dua lokasi yang disiapkan yaitu Laboratorium Infeksi dan Rumah Sakit Prince Nayef (RSPN) Unsyiah.

"Kita Unsyiah punya satu unit PCR. Awalnya, alat ini ditempatkan di Laboratorium Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah sebagai bagian dari penelitian akademik. Namun, melihat perkembangan virus Covid-19 di Aceh yang terus merebak, kami memutuskan memindahkan PCR ke Laboratorium Infeksi Unsyiah," kata Samsul dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Samsul menjelaskan, Unsyiah menyiapkan Laboratorium Infeksi sebagai lokasi untuk pengujian tes COVID-19. Laboratorium ini didukung dengan fasilitas memadai dan ruangan yang sesuai tingkat keamanannya.

"Unit PCR yang dimiliki Unsyiah mampu menguji 96 sampel dalam kurun waktu 1 jam. Kehadiran alat ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan Pemerintah Aceh dalam menangani wabah Corona, sekaligus mempersingkat waktu tempuh pemeriksaan yang selama ini dilakukan di Jakarta," jelas Samsul.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2