Kasus Pertama di Bengkulu! Seorang Jemaah Tablig Positif Corona Meninggal

Hery Supandi - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 11:17 WIB
Bengkulu jadi provinsi ke-32 yang wilayahnya terdeteksi ada virus Corona. Seorang jemaah tablig yang datang dari Lampung meninggal di Bengkulu.
Gubernur Bengkulu mengumumkan kasus Corona pertama di wilayahnya. (Hery Supandi/detikcom)
Bengkulu -

Bengkulu jadi provinsi ke-32 yang wilayahnya terdeteksi ada virus Corona atau COVID-19. Seorang jemaah tablig yang datang dari Lampung meninggal di Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Kapolda, Danrem, dan unsur FKPD menggelar jumpa pers menjelaskan kasus pertama positif Corona di wilayahnya.

Rohidin menjelaskan pasien yang meninggal ini bernama Nur Hasan (55). Dia bersama rombongan jemaah tablig asal Lampung masuk ke Bengkulu pada 5 Maret lalu.

"Selama di Bengkulu sempat dirawat di RSHD Kota Bengkulu karena mengeluh sakit," ujar Rohidin kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Kemudian pada 24 Maret, Nur dirujuk ke RS M Yunus Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan, lalu ditetapkan berstatus PDP.

"Setelah sampel korban dibawa ke laboratorium dan rumah sakit rujukan, maka malam tadi hasil labnya keluar dan dinyatakan positif virus Corona. Pagi harinya korban meninggal dunia," papar Rohidin.

Rohidin meminta Kapolda bisa memulangkan seluruh jemaah tablig dari luar yang masih tinggal di Provinsi Bengkulu. Sedangkan jemaah tabligh asal Bengkulu diminta melakukan isolasi diri.

Pemerintah dan aparat juga akan menelusuri lebih jauh riwayat kedatangan jemaah ini. Termasuk dengan memasang police line di masjid tempat tinggal pasien untuk menghindari lebih jauh penyebaran virus ini.

(tor/tor)