Gubsu Edy Pimpin Apel Penyemprotan Disinfektan: Kita Serius Tangani Corona

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 09:45 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi memimpin apel gabungan penyemprotan disinfektan di Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi memimpin apel gabungan penyemprotan disinfektan di Medan. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memimpin apel gabungan penyemprotan disinfektan di Medan. Apel digelar sebagai persiapan pencegahan penyebaran virus Corona di Medan.

Apel digelar di Jalan Gatot Subroto, Medan, pada Selasa (31/3/2020). Para petugas gabungan terlihat berbaris dengan jarak 1,5 meter saat apel.

Para personel ini akan menyemprotkan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran, water cannon, serta mobil milik TNI dan BPBD Sumut. Para personel yang melakukan penyemprotan terlihat mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Sumatera Utara sampai pagi ini ada 2.556 orang dalam pengawasan (ODP), 77 pasien dalam pengawasan (PDP), 12 orang pasien positif, 2 orang meninggal. Dengan memperhatikan data tersebut, kita harus lebih sigap. Penyemprotan ini sebagai upaya pemutus rantai penyebaran virus Corona," ujar Edy dalam sambutannya.

Edy juga menjelaskan penyemprotan ini dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. Menurutnya, hal ini dapat menjadi bukti pemerintah serius menangani penyebaran virus Corona.

"Mari kita gunakan momen ini untuk menunjukkan kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan bahwa kita serius menangani virus Corona ini," jelas Edy.

Penyemprotan akan dilakukan di tiga rute. Adapun rute yang akan dilalui saat penyemprotan adalah:

1. Jalan Gatot Subroto-Jalan Pinang Baris-Pajak Melati, Jalan Ngumban Surbakti-Jalan Gatot Subroto

2. Jalan Gatot Subroto-Jalan Iskandar Muda-Jalan Juanda-Jalan Halat-Jalan Bromo-Pasar Sukaramai-Jalan Gatot Subroto

3. Jalan Gatot Subroto-Jalan Iskandar Muda-Jalan Gajah Mada-Jalan S Parman-Jalan Balaikota-Jalan Putri Hijau-Jalan Gatot Subroto.

(gbr/gbr)