Positif Corona di Jambi Sempat Kontak dengan Jamaah dari Tablig Akbar Malaysia

Ferdi Almunanda - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 21:36 WIB
Corona
Ilustrasi (Fuad Hasim/detikcom)
Jambi -

Pasien di Kabupaten Kerinci, Jambi, berusia 53 tahun dinyatakan positif Corona setelah hasil uji swab keluar. Pasien itu diketahui sempat mengikuti pengajian yang dihadiri oleh warga yang baru pulang dari tablig akbar di Malaysia.

"Awalnya pasien itu sempat mengikuti perkumpulan keagamaan beberapa waktu lalu. Di perkumpulan itu juga diketahui ada beberapa warga yang baru pulang dari tablig akbar di Malaysia. Dan kemudian pasien merasa demam, lalu panas, dan sesak napas hingga akhirnya kita lakukan isolasi lantaran gejalanya mengarah terkait Corona," kata Kadinkes Kerinci Jambi Hermendizal saat dihubungi detikcom, Senin (30/3/2020).

Seminggu diisolasi di RSU MHA Thalib Kerinci, pasien merasa sembuh dari sakitnya. Pasien bahkan memaksa pihak rumah sakit mengizinkannya pulang karena ia merasa sehat.

"Kita awalnya sempat menahan pasien tetap diisolasi di rumah sakit hingga hasil swab keluar. Namun ia merasa dirinya sehat tanpa ada sakit dan maksa pulang. Ya karena membandel akhirnya kita pulangkan. Selama seminggu pulang dan merasa sehat tanpa gejala apa pun hasil swab kemudian keluar dan pasien positif Corona," ujar Hermendizal.

Walau sempat menolak dibawa ke rumah sakit, pasien akhirnya mengalah ketika pihak medis menjelaskan jika pasien dibawa ke ruangan isolasi untuk masa pemulihan.

"Memang tidak ada gejala apa pun. Tapi kita tetap bawa pasien diisolasi untuk pencegahan penyebaran virus Corona itu. Karena kalau tidak kita bawa kita sulit memantaunya yang mana bisa semakin menyebar. Dan kini pasien sudah kita rawat di ruangan isolasi," terangnya.

Saat ini pihak medis juga meminta agar warga yang berada di lingkungan rumah pasien untuk melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit. Tidak hanya itu, pihak keluarga pasien juga akan diperiksa dan diminta untuk mengisolasi diri di rumah hingga hasil tes swab keluar.

"Karena pasien ini sempat kurang-lebih satu minggu juga berada di rumah maka nanti akan kita minta warga yang berkontak fisik dengan pasien cek kesehatan mereka dan keluarga juga akan kita cek kesehatannya. Dan kita juga meminta setiap warga yang berkontak fisik dengan pasien tetap mengisolasi diri di rumah," terang Hermen.

Sejauh ini jumlah pasien di Jambi yang positif Corona bertambah menjadi 2 orang. Semua pemerintah dari daerah kabupaten/kota di Jambi juga telah melakukan aturan ketat dalam setiap warga yang akan keluar masuk ke daerah mereka.

Aturan itu diberlakukan lantaran jumlah total pasien positif di Indonesia semakin bertambah serta dianggap dapat mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 di wilayah Jambi.

(lir/lir)