MPR Gagas Gerakan Empat Pilar Berbagi Pulsa untuk Driver Ojol

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 19:48 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: Dok MPR
Jakarta -

MPR RI menggagas gerakan'Empat Pilar MPR RI Berbagi Pulsa' untuk membantu para driver ojek online (ojol) menghadapi pandemi Covid-19. Bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan para tokoh bangsa seperti Buya Syafii Maarif, Romo Beny Susetyo, Saut Sitomorang dan tokoh lainnya, MPR RI akan melakukan aksi gotong royong Pancasila tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa gerakan aksi ini merupakan upaya MPR RI untuk menyelamatkan ekonomi masyarakat kecil khususnya driver ojol.

"Aksi tersebut sebagai upaya menyelamatkan ekonomi masyarakat kecil, khususnya para driver ojek online yang mengandalkan pendapatan harian. Di tengah pandemi Covid-19, praktis pendapatan mereka terkuras. Mereka juga tak bisa keluar rumah mencari nafkah karena harus physical distancing untuk menjaga kesehatan dirinya dan keluarga. Atas dasar itulah gerakan 'Empat Pilar MPR RI Berbagi Pulsa' ini akan kita luncurkan dalam waktu dekat, sebagai jaring pengaman sosial ekonomi rakyat dalam perang melawan Covid-19 " ujar Bamsoet, dalam keterangannya, Senin (30/3/2020).

Hal tersebut ia sampaikan usai melakukan Rapat Pimpinan MPR RI melalui video conference di Ruang Pimpinan MPR RI Senayan, Jakarta.

Bamsoet melanjutkan, untuk melancarkan aksi berbagi tersebut MPR RI juga akan bekerja sama dengan operator telepon seluler Telkomsel dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) selaku operator ojek online. Pulsa yang masuk dari para penyumbang gerakan 'Empat Pilar MPR RI Berbagi Pulsa' ke operator telepon seluler, akan disalurkan ke para pengemudi ojek online melalui Gojek selaku operator secara online.

Menurut Bamsoet, untuk mematangkan gerakan 'Empat Pilar MPR RI Berbagi Pulsa' pihaknya juga melibatkan sejumlah pimpinan Telkomsel dalam video conference. Adapun sejumlah pimpinan Telkomsel tersebut antara lain Vice President Digital Journey and Experience Hastining Astuti, Vice President Corporate Communication Deni Abe, Vice President Prime Segment Adhi Putranto, Director Network Venusiana, Director Human Capital Management Irfan A. Tachrir serta Corporate Secretary Endi Muharam Perbawamukti.

Sementara dari pihak Operator Gojek yang turut ikut dalam video conference yaitu Senior Manager Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Fatih Waluyo Wahid dan Senior Manager Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah (DKI Jakarta) Presthysa Lestati.

"Dari bantuan pulsa tersebut, walaupun jumlahnya tak seberapa setidaknya bisa dimanfaatkan para driver ojek online untuk dapat dibelanjakan secara online guna menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka melalui GoFood, GrabFood, maupun kebutuhan lainnya. Sehingga secara sistem juga termonitor, karena bantuan pulsa yang masuk tak disalahgunakan untuk keperluan atau transaksi lainnya," ungkap Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, setiap harinya jumlah penerimaan gerakan 'Empat Pilar MPR RI Berbagi Pulsa' yang diterima masing-masing operator telepon seluler akan diumumkan melalui running text televisi sebagai bagian dari bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada publik. Ia pun mengungkapkan, bahwa gerakan ini sebenarnya dilakukan agar bisa menjadi inspirasi bagi berbagai elemen bangsa lainnya untuk membantu sesama.

"Dari berbagi pulsa itu kita berikan setitik keselamatan bagi saudara-saudara kita. Jumlah yang kecil ini jika dikapitalisasi bisa menjadi kekuatan sosial yang luar biasa. Di tengah kerja keras pemerintah memerangi Covid-19 dengan berbagai perangkat kebijakan dan stimulus ekonomi, rakyat juga bisa membantu sesama dengan berbagai kegiatan gotong royong. MPR RI memulai dengan membagikan masker dan perlengkapan kesehatan serta berbagi pulsa. Diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus memancing kreasi lainnya dari berbagai elemen bangsa untuk membantu sesama," pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, turut serta dalam video conference tersebut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani, Fadel Muhammad, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono, Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Romo Benny Susetyo, Pendiri Rumah Bhinneka Saut Situmorang, Ketua Umum Garda Indonesia (Asosiasi Pengemudi Ojek Online) Igun, dan Ketua Umum Gerak BS Aroem Alzier.

(ega/ega)