Polda Metro Klaim Kejahatan di Jakarta Menurun Selama Pandemi Corona

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 15:46 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengklaim tingkat kejahatan di Jakarta dan sekitarnya mengalami penurunan di masa-masa pandemi virus Corona (COVID-19). Laporan masyarakat yang direkap harian pun berkurang.

"Sampai saat ini juga tingkat kriminal juga dilihat dari skala crime total ini menurun ya, menurun dalam arti kata laporan polisi kita hitung per hari berapa, kita lihat berkurang," ujar Yusri kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Yusri menduga penurunan tingkat kejahatan terjadi karena masyarakat tengah fokus agar terhindar dari wabah COVID-19. Meski demikian, Yusri tidak menjelaskan berapa prosentase penurunan kejahatan itu.

"Karena memang fokus masyarakat bagaimana bisa menyelamatkan untuk menghindari COVID-19," katanya.

Yusri mengimbau masyarakat agar tidak lagi berkumpul dalam situasi wabah COVID-19. Polisi meminta masyarakat tetap berada di dalam rumah.

"Terus kita imbau secara persuasif seusai maklumat (Kapolri) juga tidak ada lagi kumpul-kumpul massa, itu kita lakukan semua, kegiatan apa pun tidak akan diberi rekomendasi izin oleh kepolisian kalau memang itu dibutuhkan izin kepolisian. Di tempat-tempat lain pun, termasuk perkawinan pun dibicarakan secara baik dan alhamdulillah sudah berjalan semuanya," pungkasnya.

Jokowi: Pembatasan Sosial Berskala Besar Akan Lebih Tegas!:

(mei/mei)