Pernyataan Lengkap Jokowi Minta Pembatasan Sosial Berskala Besar-Darurat Sipil

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 14:58 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi semua tenaga medis di Indonesia harus benar-benar terjamin. Jokowi menyebut kebutuhan APD itu mulai menipis.

"Kemudian laporan yang saya terima sampai saat ini stok APD makin terbatas dan perhitungan menunjukkan bahwa kita membutuhkan kurang lebih 3 juta APD hingga akhir Mei," kata Jokowi dalam siaran langsung pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/3/2020).

Jokowi meminta agar semua perusahaan di dalam negeri untuk dapat berfokus menyediakan APD lebih dulu untuk kebutuhan di dalam negeri. Prioritas untuk tenaga kesehatan dalam hal deteksi cepat terkait virus corona terbaru (COVID-19) juga disebut Jokowi harus dikedepankan.

Selain itu Jokowi meminta adanya kebijakan pembatasan sosial dalam skala besar. Aturan ini disebut Jokowi harus disiapkan pelaksanaannya bagi seluruh pemerintah daerah.

"Dan terakhir dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar, saya minta agar segera disiapkan aturan pelaksanaannya yang lebih jelas sebagai panduan-panduan untuk provinsi, kabupaten, dan kota sehingga mereka bisa kerja dan saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat, bukan kewenangan pemerintah daerah," kata Jokowi.

Berikut pengantar rapat terbatas yang disampaikan Jokowi secara lengkap:

Jokowi: Pembatasan Sosial Berskala Besar Akan Lebih Tegas!:

Selanjutnya
Halaman
1 2