Anies Minta RT/RW di Jakarta Data Warganya yang Rentan Kena Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 12:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (18/3/2020). Pertemuan itu membahas langkah-langkan percepatan penanganan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Dewanto Samodro/wsj.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Dewanto Samodro)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada RT/RW di Jakarta untuk mendata warganya yang rentan terpapar virus corona COVID-19. Kelompok yang rentan terkena corona adalah lanjut usia hingga yang membawa penyakit lain.

"Saya membuat sebuah seruan, seruan Gubernur kepada ketua RT RW dan dasawisma untuk mengidentifikasi dan menyusun data orang-orang yang berisiko tinggi jika terkena COVID-19. Mereka ini pak, orang-orang ini yang paling banyak meninggal karena COVID-19, yaitu usia di atas 60, lalu punya tekanan darah tinggi punya penyakit jantung, diabetes paru-paru, kanker," Kata Anies dalam video yang diunggah channel YouTube Pemprov DKI Jakarta, seperti yang dilihat detikcom, Senin (30/3/2020).



Anies menuturkan, bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta saat terinfeksi Corona atau COVID-19 maka akan langsung dirawat di ruang ICU RS. Bila penanganan terhadap mereka lambat, Anies menyebut mereka akan menjadi penyumbang angka kematian karena memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

"Jadi kelompok ini bila terkena COVID maka dia pasti masuk ICU pak. Dan bila penanganan terlambat angka kematian yang tinggi itu rata-rata adalah mereka yang punya masalah kesehatan," tuturnya.



Selain melakukan pendataan, Anies meminta kepada Ketua RT dan RW untuk mengkampanyekan seruan Gubernur kepada para warganya. Anies yakin bila seruan Gubernur disampaikan dan diterapkan oleh masyarakat, maka Pemprov DKI bisa menahan angka kematian bagi mereka yang berisiko tinggi.

"Jadi kita harus melakukan perlindungan ekstra kepada org-orang yang berisiko tinggi ini. Jadi para RT RW supaya mendata lalu melakukan kampanye kepada mereka. Nah ini pak Wali harap nanti seruan ini betul-betul digarisbawahi, ini nanti akan keluar sore ini. Dipastikan para RT RW melaksanakan dan kalau itu kita lakukan, kita bisa menahankan yang beresiko tinggi," ujar Anies.

Penting! Cuci Tangan dan Tak Sentuh Wajah Bisa Hindari Diri dari Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2