Jokowi Puji Inisiatif Pengawasan Ketat Pemudik: Tapi Jangan Berlebihan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 12:13 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji langkah inisiatif pengawasan ketat bagi para pemudik yang dilakukan pemerintah daerah setempat. Namun, dia juga mengingatkan para kepala daerah tidak berlebihan dalam meningkatkan pengawasan terkait virus Corona (COVID-19) itu.

"Untuk warga yang sudah terlanjur mudik, saya minta kepada para gubernur, bupati, dan wali kota meningkatkan pengawasannya di daerah masing-masing sangat penting," ujar Jokowi dalam live streaming seperti yang dilihat detikcom, Senin (30/3/2020).

Ia turut memuji langkah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pemudik. "Saya sudah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah bahwa di provinsinya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik di desa maupun di kelurahan bagi para pemudik, inisiatif yang bagus," tuturnya.

Namun, Jokowi meminta agar pemeriksaan dan pengawasan pemudik dilakukan secara terukur. Jokowi berharap screening tidak dilakukan secara berlebihan.

"Jangan sampai menimbulkan juga langkah-langkah penyaringan atau screening yang berlebihan bagi pemudik yang telanjur pulang kampung. Terapkan protokol kesehatan dengan baik untuk memastikan bahwa kesehatan para pemudik itu betul-betul memberikan keselamatan bagi warga yang ada di desa," tuturnya.

Ada yang Terlanjur Pulang Kampung, Ini Instruksi Jokowi:

(isa/dhn)