Mengapa Jumlah Kasus Positif Corona Gugus Tugas Sumut dan Pusat Berbeda?

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 12:11 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Medan -

Data kasus positif Corona atau COVID-19 yang disampaikan oleh Gugus Tugas COVID-19 pusat dan Sumatera Utara (Sumut) berbeda. Mengapa?

Berdasarkan data Sabtu (28/3) dan Minggu (29/3) yang disampaikan Gugus Tugas COVID-19 Sumut, terdapat 14 kasus positif corona di Sumut. Sementara, Juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, menyebut ada delapan kasus positif corona di Sumut.

"Saya kurang tahu juga kenapa Gugus Tugas nasional menyebutnya begitu. Karena data yang ada sama kita yang data riil kan. Kami menyampaikan data yang ada sama kami," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, Senin (30/3/2020).

Dia mengatakan Gugus Tugas Sumut menyampaikan jumlah kasus positif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Kemenkes. Aris menyebut kemungkinan jumlah yang disampaikan belum sama karena masalah rekapitulasi data.

"Kita kan nggak boleh menentukan positif negatif. Kita setiap pasien positif itu dapat suratnya dari pusat, makanya lama. Mungkin sangkin banyaknya nggak ter-detect yang di pusat bisa saja mis-data," ucapnya.

Tonton Blak-blakan 3 Musuh Besar Penanganan Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2