Gugus Tugas Sumut Minta Dalang Spanduk Tolak Jenazah Korban Corona Ditangkap

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 10:55 WIB
Spanduk tolak jenazah korban Corona (Datuk Haris Molana/detikcom)
Spanduk menolak jenazah korban Corona. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Gugus Tugas COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) kesal gara-gara ada warga yang memasang spanduk menolak jenazah pasien positif Corona di Medan. Gugus Tugas berharap polisi menangkap warga yang memasang spanduk itu.

"Keterlaluanlah, Corona ini kan tertular melalui droplet, percikan ludah. Rupanya kalau kita tidak kontak langsung dengan penderita positif kan kita aman-aman saja. Apalagi kita menggunakan masker, cuci tangan sebelum sentuh wajah, saya kira aman saja. Terus apa hubungannya dengan menolak jenazah? Dilaporkan saja (biar) ditangkap polisi," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, Senin (30/3/2020).

Dia mengatakan pihaknya sudah sering menyampaikan informasi soal proses penularan Corona lewat berbagai media. Namun, dia menilai masih saja ada warga yang kurang memahami informasi dari Gugus Tugas.

"Masalahnya ketidakpahaman informasi itu loh. Kan saya selalu bilang, di-streaming saya bilang, dia tertular hanya melalui droplet dengan kontak langsung, kalau jenazah dimakamkan di suatu daerah nggak ada masalah," ucapnya.

Aris menyebut jenazah pasien terkait Corona juga sudah dimasukkan ke peti. Jenazah juga langsung dibawa ke pemakaman.

Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi:

Selanjutnya
Halaman
1 2