Round-Up

Aturan Ketat Anggota Dewan Jelang Paripurna di Tengah Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 07:25 WIB
Sidang Paripurna DPR RI
Suasana sidang paripurna DPR RI. (Foto: Trio Hamdani)
Jakarta -

DPR RI memutuskan tetap menggelar rapat paripurna (rapur) pembukaan masa sidang III yang dijadwalkan siang nanti. Namun, terdapat protokol bernama Waspada COVID-19 yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota DPR yang akan hadir demi mencegah penyebaran virus Corona.

Keputusan tetap menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang III diketuk dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Jumat (27/3/2020) di ruang KK II, Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani yang didampingi dua Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan Rachmad Gobel.

"DPR RI mendengar aspirasi rakyat agar segera hadirkan solusi atas penyebaran COVID-19, dan kami di DPR RI akan bekerja sesuai fungsi dan wewenang kami untuk membantu pemerintah menghadirkan solusi untuk rakyat," kata Puan seusai rapat.

Puan memimpin rapat penetapan paripurna pembukaan masa sidang IIIPuan memimpin rapat penetapan paripurna pembukaan masa sidang III. (Foto: Dok. Istimewa)

Rapat paripurna pembukaan masa sidang III dijadwalkan pukul 14.00 WIB. Puan mengatakan rapat paripurna pembukaan masa sidang III tetap digelar agar DPR bisa menjalankan fungsi dan tugasnya.

"Karena itu masa reses yang kemarin diperpanjang harus diakhiri, lalu dilakukan rapat paripurna untuk membuka masa persidangan berikutnya. Sebab jika masa sidang tidak segera dibuka, maka tugas-tugas DPR akan terbengkalai, baik tugas pengawasan, penganggaran dan legislasi," tutur Puan.

Mulanya, terdapat beberapa skenario yang kemungkinan bakal diterapkan dalam rapat paripurna DPR hari ini. Sejumlah opsi yang muncul, salah satunya yakni ada sebagian anggota DPR yang duduk di balkon, karena posisi duduk akan diatur berjarak.

"Kedua, ya dengan rapur via kehadiran fisik tapi dibatasi sehingga ada jarak antar-satu anggota dengan anggota lainnya dalam ruang rapur, termasuk menggunakan kursi di balkon untuk para anggota jika diperlukan. Dengan cara ini berarti kehadiran per fraksi diwakili sesuai dengan kesepakatan," ujar Ketua Fraksi PPP DPR RI Arsul Sani kepada wartawan, Kamis (26/3).

Selanjutnya
Halaman
1 2