Hadits Tentang Kebersihan dan Aplikasinya dalam Kehidupan

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 05:10 WIB
Istanbul, Turkey - April 07, 2012: Man performing ablution. Ablution is a ritual act, where the person washes himself/herself in order to get ready for the prayer. Image taken during midday at the fountains next to Sultanahmet Mosque in Istanbul.
Hadist tentang kebersihan. Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan dan kebersihan menjadi dua aspek yang sangat diperhatikan dalam Islam. Ini beberapa hadits tentang kebersihan yang harus dilaksanakan setiap hari.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Kesucian itu separuh dari keimanan." Di riwayat lain seperti dikutip dari Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, Aisyah Radhiallahu Anha menyebutkan bahwa Rasulullah pernah bersabda," Bersucilah kalian, karena Islam itu bersih."

Islam mewajibkan untuk membersihkan diri sendiri dalam persiapan sholat harian. Merawat diri dan kebersihan tidak hanya dianggap sebagai kebiasaan baik dalam Islam tetapi juga dapat meningkatkan iman seseorang.

Kebersihan yang selalu dilaksanakan umat Islam semata-mata untuk kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat.

Hadist tentang kebersihan.Hadist tentang kebersihan. Foto: iStock

Dalam aboutislam (27/12/19), diriwayatkan dari Aisyah ra istri Rasulullah SAW, mengatakan "Siwak (yang digunakan untuk menyikat gigi) dapat membersihkan dan mensucikan mulut sehingga disenangi Allah SWT." (An-Nasa'i dan Ibn Khuzaimah, disahkan oleh Al-Albani).

Dan Abu Hurairah menuliskan bahwa Rasulullah SAW pernah berkata, "Seandainya aku tidak terlalu membebani pengikutku, aku akan memerintahkan mereka untuk menggunakan siwak sebelum setiap doa." (Al-Bukhari dan Muslim).

Hadits tentang kebersihan dan kerapian juga dapat kamu terapkan setiap hari Jum'at. Seorang pria juga perlu membersihkan diri sebelum melakukan sholat Jum'at.

"Siapa pun yang mandi pada hari Jum'at dan melakukannya dengan baik serta menyucikan diri, mengenakan pakaian terbaik dan mengenakan wewangian kemudian datang ke masjid lebih awal serta mendengarkan khutbah. Dia akan diampuni dosa-dosanya di hari itu dan Jum'at sebelumnya." (Ibn Majah dan disahkan oleh Al-Albani).

Hadist tentang kebersihan.Hadist tentang kebersihan. Foto: iStock

Kebersihan tentu akan berkorelasi dengan kesehatan. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah SWT daripada yang lemah dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguh untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah SWT dalam segala urusanmu, dan jangan sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, 'Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan terjadi begini dan begitu, tetapi katakanlah, ini sudah takdir Allah SWT dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan."

(lus/erd)