Pemkab Tanjung Jabung Barat Jambi Awasi 15 TKI yang Tiba dari Malaysia

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 19:43 WIB
Sebanyak 15 TKI yang baru tiba dari Malaysia disemprot disinfektan.
85 penumpang dari Malaysia, termasuk 15 orang TKI, disemprot disinfektan. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi -

Sebanyak 85 warga tiba di Jambi dari Kepulauan Riau (Kepri). Dari puluhan pemudik itu, 15 orang di antaranya merupakan tenaga kerja indonesia (TKI) asal Jambi dan Riau yang baru pulang dari Malaysia.

"Saat pemeriksaan penumpang, 15 TKI ini awalnya tidak ada yang menyampaikan jika merupakan TKI dari Malaysia. Lalu sampai tiba saatnya, kita, petugas lakukan pemeriksaan mendalam terhadap tas dan identitas, yang akhirnya menemukan paspor. Setelah ada yang diketahui baru yang lainnya mengaku," kata Kapolres Tanjung Jabung Barat, Jambi AKBP Guntur Saputro, Minggu (29/3/2020).

Dari puluhan pemudik yang diperiksa kesehatannya, 15 orang TKI diamankan petugas. Mereka dibawa menuju ke puskesmas untuk diobservasi dan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID)-19 di Jambi.

Puluhan penumpang itu tiba di Jambi dengan menggunakan angkutan kapal Satria Pratama. Mereka berlabuh dari Batam tujuan Jambi dengan berhenti di Pelabuhan Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Mereka terlebih dahulu diminta menjaga jarak per orang mulai dari 1 sampai 2 meter. Petugas juga meminta penumpang mencuci tangan dan dilakukan penyemprotan cairan dinsifektan baik tubuh dan barang bawaan mereka.

"Kita juga melakukan pemeriksaan cek suhu tubuh mereka serta pendataan identitas beserta barang bawaannya. Sebelum tiba di Jambi, puluhan penumpang kapal juga sempat diperiksa kondisi kesehatan mereka di Karimun Batam, dan semua penumpang kondisinya sehat," ujar Guntur.

Sementara, 85 pemudik dari Malaysia itu kini telah pulang di kediaman mereka. Pihak Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga menyebut jika puluhan penumpang dan belasan TKI itu tiba di Jambi dalam kondisi baik dan sehat.

Pemerintah juga meminta para puluhan pemudik dan belasan TKI itu untuk tetap berada di rumah sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona.

"Di pelabuhan petugas sudah melakukan pemeriksaan secara ketat kesehatan para penumpang kapal, termasuk TKI itu. Dan kita juga sudah memeriksa 15 TKI itu dengan sesuai aturan yang ada. Selama pemeriksaan, kondisi kesehatan mereka baik, hanya saja mereka tetap diawasi serta diminta untuk tidak keluar rumah dan mengisolasi diri selama 14 hari ke depan," ujar Juru Bicara Pemkab Tanjung Jabung Barat, Jambi, Taharuddin saat dihubungi detikcom.

(zak/zak)