Pasien Positif Corona yang Meninggal di Kaltim Punya Penyakit Jantung

Suriyatman - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 18:57 WIB
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur Andi M Ishak
Andi M Ishak (Suriyatman/detikcom)
Samarinda -

Seorang pasien positif virus Corona (COVID-19) di Kalimantan Timur (Kaltim) meninggal dunia. Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kaltim Andi M Ishak menyebut pasien tersebut juga memiliki riwayat penyakit jantung.

"Pasien sempat mendapatkan perawatan dalam kondisi sesak napas, tanda vital menurun dan dilakukan resusitasi jantung paru. Pasien dinyatakan meninggal pukul 12.59 Wita. Selain positif COVID-19, pasien diketahui memiliki riwayat penyakit Jantung," kata Andi kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Andi menjelaskan Corona merupakan virus yang menyerang pernapasan. Dia menyebut virus tersebut dapat membuat penyakit jantung semakin parah.

"Virus ini menyerang daerah pernapasan, dan jika dia sudah berkembang biak, dia akan mengeluarkan lendir yang cukup kental dan ini akan menghambat sel pernapasan, dan akan mengurangi volume dari paru-paru, dan itu sifatnya permanen, sehingga pasien akan kesulitan bernapas. Akibatnya, penyakit bawaan seperti jantung akan mempercepat datangnya kematian," papar Andi.

Andi mengungkapkan pasien tersebut merupakan warga Balikpapan. Dia memastikan jenazah pasien tersebut dimakamkan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

"Prosedur seperti memandikan, pemasangan kain kafan, dan disalatkan, dilakukan oleh rumah sakit. Sebelum dikemas sesuai protokol dan dimakamkan pukul 17.00 Wita di Km 15 Kota Balikpapan," sebut Andi.

(zak/zak)