Kemenhub Siapkan Aturan Rancangan Aturan Pembatasan Keluar-Masuk Jakarta

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 18:35 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemhub) Drs. Budi Setiyadi
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rupanya sedang menyiapkan aturan pembatasan kendaraan bermotor yang keluar-masuk Jakarta terkait semakin mewabahnya virus Corona (COVID-19). Aturan mengenai hal itu disebut akan dirapatkan pada Senin, 30 Maret 2020.

"Ya betul kita menyiapkan rancangan peraturan menteri untuk pembatasan kendaraan yang masuk dan keluar Jakarta," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kemenhub, Budi Setiyadi, kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Rancangan aturan itu disebut Budi akan dibahas bersama Plt Menteri Perhubungan (Menhub) Luhut B Panjaitan serta menteri-menteri terkait. Aturan itu pun disebutnya masih tentatif.

"Besok hari Senin di rapat Pak Luhut itu. Iya kira-kira gitulah, mungkin barangkali Pak Luhut dengan beberapa menko-menko lain, dan menteri-menteri terkait. Karena persoalan ini kan mungkin pembahasan harus detail sekali," ujar Budi.

Dia mengaku sudah menyiapkan beragam pilihan untuk rancangan aturan itu. Namun semuanya disebut akan diputuskan dalam rapat besok.

"Tapi saya sudah catat, dua regulasi dengan berbagai macam opsi, apakah hanya angkutan umum saja atau semua kendaraan," imbuhnya.

Tonton juga 'Kasus Positif Corona Meningkat, Pemerintah Akan Selektif Soal RS':

(dwia/dhn)