Pandemi Covid-19, Panggilan ke BPJS Kesehatan Care Center Meningkat

Abu Ubaidillah - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 16:01 WIB
BPJS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Selama masa pandemi virus corona, BPJS Kesehatan telah mengalihkan beberapa kebijakan pelayanan administrasi bagi peserta JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Pengalihan ini dinilai mendapat respons positif dari masyarakat, baik yang sudah menjadi peserta Program JKN-KIS, maupun yang belum terdaftar.

Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin menyebut BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 merupakan kanal alternatif bagi peserta JKN-KIS yang ingin melakukan transaksi pelayanan administrasi namun memiliki kendala dalam mengakses kantor cabang. Menurutnya, jumlah penelepon yang dilayani kanal tersebut berkisar antara 7.000 panggilan per hari atau meningkat sekitar 40% dibanding sebelum ada pandemi Covid-19.

"Kami telah menyediakan kanal yang dapat memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan kritik dan saran seputar JKN -KIS dengan cara menghubungi nomor 1500 400 ataupun interaksi langsung melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3/2020).

Arief menambahkan, selain layanan informasi, jenis layanan lain yang ditawarkan BPJS Kesehatan antara lain penanganan pengaduan, pendaftaran peserta baru dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU/BP), penambahan anggota keluarga peserta PBPU/BP, perubahan data peserta selain Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang mencakup NIK, nama, tempat/tanggal lahir, alamat domisili, nomor handphone atau alamat email, perubahan kelas perawatan peserta PBPU/BP, layanan bagi badan usaha, serta konsultasi kesehatan gratis melalui layanan konsultasi dokter.

"Bagi pengaduan yang sifatnya memerlukan koordinasi dengan kantor cabang BPJS Kesehatan ataupun stakeholder lainnya, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 memiliki sistem yang terhubung dengan kantor cabang. Dengan demikian, kantor cabang dapat segera menyelesaikan pengaduan tersebut sesuai dengan Standard Level Agreement (SLA) target waktu penyelesaian atas pengaduan tersebut," lanjut Arief.

Arief menambahkan, pihaknya akan terus memastikan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mengimbau masyarakat untuk mengutamakan kewaspadaan terhadap virus corona.

"Edukasi publik juga kita lakukan. Ada cara mudah bagi peserta yang sedang di rumah, namun ingin konsultasi dengan dokter. Peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan fitur layanan konsultasi dokter melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dengan menekan nomor 3 setelah tersambung," sambungnya.

Selain layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, kanal lain yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS antara lain Mobile JKN untuk mengurus perpindahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pendaftaran autodebet bagi peserta PBPU, penyampaian informasi, dan pengaduan layanan.

(akn/ega)