Tak Buat Perayaan, Ini Cara Hutama Karya Gaungkan Semangat HUT ke-59

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 15:05 WIB
Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah menginjak usia 59 tahun pada hari ini. Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo, mengatakan HUT Hutama Karya tahun ini menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan sedang berada dalam situasi bencana nasional akibat virus corona yang mewabah di Indonesia. Sehingga tahun ini Hutama Karya tidak dapat melakukan perayaan yang melibatkan massa.

Namun, semangat HUT HK 59 tetap digaungkan oleh perusahaan. Melalui greeting video yang ia buat dan disebarkan kepada seluruh karyawan, Bintang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan kinerja yang diberikan sehingga perusahaan dapat tetap produktif dalam menjalankan roda bisnisnya meskipun tengah diterapkan kebijakan work from home (WFH).

"Saya sampaikan rasa bangga atas dedikasi Insan Hutama sehingga Hutama Karya terus tampil menunjukkan dirinya baik di antara BUMN Karya maupun di kancah nasional dan lebih diperhitungkan. Termasuk untuk terus melakukan inovasi baik teknologi, keuangan maupun perbaikan sistem kerja sehingga hasilnya sudah terlihat," ujar Bintang dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3/2020).

Selama 59 tahun ini, lanjutnya, Hutama Karya tidak hanya sekadar membangun infrastruktur, tapi turut hadir dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

"Dari apa yang selama ini kita bangun, kita turut menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di sekitarnya. Kita juga berikan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) yang berdampak positif bagi masyarakat. Semakin besar laba yang diterima oleh Hutama Karya, maka semakin besar pula yang akan dikembalikan kepada masyarakat," terangnya.

Bintang juga mengatakan di usianya yang ke 59 tahun, Hutama Karya mengangkat tema Menghubungkan Kebaikan untuk Indonesia Maju. Menurutnya, tema ini merupakan wujud representasi inti bisnis perusahaan dalam lima tahun terakhir, yaitu membangun konektivitas darat.

Di samping itu, ini juga menjadi optimisme dan harapan kami agar dalam setiap karya yang kami dibangun sarat manfaat, sejalan dengan visi pemerintah yakni untuk mewujudkan Indonesia Maju," ungkapnya.

Tak hanya itu, di tengah merebaknya penyebaran infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona di Indonesia, Bintang juga berharap kepada seluruh karyawan dan masyarakat Indonesia untuk disiplin menerapkan physical distancing dan berdiam diri di rumah guna membantu memutus penyebaran virus corona. Saat ini, perusahaan telah menerapkan kebijakan WFH total baik di kantor pusat, kantor cabang tol, hingga proyek.

"Kebijakan ini kami susun bersamaan dengan protokol COVID-19 yang disesuaikan dengan masing-masing unit kerja maupun proyek dan kita jamin tidak menghambat jalannya operasional bisnis perusahaan," jelasnya.

Ia juga mengimbau seluruh karyawan Hutama Karya, khususnya para perantau, untuk tidak mudik dan tidak piknik pada Lebaran 2020 ini.

"Kami tahu bahwa di Hutama Karya banyak karyawan yang merupakan perantau, namun sekali lagi imbauan ini merupakan ikhtiar kita semua untuk dapat memutus rantai penyebaran virus corona karena kita semua berpotensi menjadi carrier. Lebih baik kita tunda terlebih dahulu agar keluarga di kampung halaman tetap sehat dan terhindar dari potensi penyebaran virus," ujar dia.

Mewakili manajemen Hutama Karya, Bintang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang terus berjuang dalam menangani penyebaran COVID-19. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar saling bersatu mendukung dan memberikan kepercayaan terhadap pemerintah yang terus berupaya untuk memerangi penyebaran COVID-19.

"Kami ingin sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tenaga medis yang selalu berada di garda terdepan dalam menangani pasien yang tertular virus corona di Indonesia. Mari kita bahu-membahu dan saling bergotong royong untuk melawan pandemi COVID-19 ini bersama-sama," tandasnya

Pandemi COVID-19, Hutama Karya Gaungkan BUMN Tanggap Corona

Merebaknya COVID-19 membuat Hutama Karya turut menggaungkan aksi BUMN Tanggap Corona sejalan dengan arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melalui kegiatan CSR-nya, Hutama Karya telah menyalurkan 2.000 masker dan 720 hand sanitizer secara cuma-cuma kepada masyarakat di Tangerang Selatan yang penyalurannya dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

Hutama Karya juga memberikan bantuan berupa penyediaan alat-alat kesehatan yang akan disalurkan melalui Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri ke 10 rumah sakit di 10 provinsi yang ada di Indonesia. Di samping itu, Hutama Karya juga membuat kran air di 2 titik area publik yang berada di kelurahan Cipinang Cempedak.

Adapun untuk karyawan, Hutama Karya memberikan suntikan vitamin C dosis tinggi kepada seluruh petugas ruas tol hingga karyawan proyek yang dibagikan secara bertahap. Selain itu, juga dilakukan vaksinasi influenza 3 strain dan pneumonia secara bertahap kepada seluruh karyawan mulai dari office boy, satpam, officer hingga manajemen Hutama Karya.

Di Sumatera, Hutama Karya turut menyalurkan berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan khususnya bagi tenaga medis mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), Masker N95, Sarung Tangan Latex, Thermo Scan, Hand Sanitizer dan alat pelindung lainnya ke sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terletak di sekitar proyek JTTS.

Penyaluran bantuan ini telah dimulai dengan pemberian sebuah alat thermo scan kepada RSUD di Padang Pariaman melalui proyek JTTS ruas Padang-Sicincin dan akan berlanjut di proyek JTTS ruas lainnya.

Tak berhenti sampai di situ, anak perusahaannya yaitu PT HK Infrastruktur (HKI)-pun turut andil dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 100 pcs sepatu boot kepada RSUD Dumai sebagai Rumah Sakit rujukan COVID-19 melalui proyek JTTS ruas Pekanbaru-Dumai. Perusahaan berkomitmen untuk terus hadir membantu masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia.

(akn/ega)