Tentang Physical Distancing yang Disebut Belum Diterapkan di DKI dan Jabar

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 12:27 WIB
social distancing
Physical Distancing Artinya (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Kasus positif virus corona di Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat meningkat tajam. Menurut pemerintah, hal itu karena imbauan tentang physical distancing belum diterapkan betul.

Berdasarkan update positif virus corona per 28 Maret kemarin, terdapat 102 penambahan pasien positif. Sehingga jumlah kasus virus corona di Indonesia menjadi 1.155 di antaranya sebanyak 27 kasus terdapat di Jakarta dan 119 kasus di Jawa Barat.

Menurut juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona Achmad Yurianto penambahan kasus terjadi karena di suatu daerah masih terdapat sumber virus. Kemudian, hal itu juga dibarengi dengan tindakan tidak melakukan physical distancing.

"Berarti masih ada kontak erat. Ya, berarti di daerah itu kontak eratnya masih banyak, berarti physical distancing nggak jalan kan. Ya itu lah penyebabnya kenapa kasus itu masih banyak," jelas dia saat dihubungi, Sabtu (28/3/2020).

Lantas, apa arti physical distancing sebenarnya?

Dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara, physical distancing artinya dalam bahasa Indonesia menjaga jarak aman antara satu orang dengan orang lainnya. Harapannya langkah itu bisa menekan penyebaran virus corona.

Tak hanya di luar rumah, physical distancing diharapkan bisa dilakukan juga di dalam rumah. Sebab, banyak orang yang terinfeksi virus corona tetapi tidak memperlihatkan gejala sehingga masyarakat harus tetap waspada.

"Sementara jaga jarak fisik dengan semua anggota keluarga di rumah. Ya terpaksa tidak usah makan bersama-bersama di dalam satu meja dengan keluarga kita yang sehat. Makan sendiri saja tidak perlu bergabung," jelas Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto.

Saat ini, beberapa daerah di Indonesia telah memberlakukan physical distancing sesuai dengan imbauan pemerintah. Pelaksanaan tersebut dilakukan di tempat umum, seperti taman, pendopo, hingga jalan raya sebagai kawasan tertib physical distancing.

Apa Bedanya dengan Social Distancing?

Sementara itu, physical distanding dan social distancing memiliki makna yang berbeda walaupun satu tujuan, yakni mengurangi penyebaran virus corona.

Social distancing artinya menjaga jarak sosial. Sederhananya, seseorang harus membatasi interaksi sosial yang tidak perlu atau tidak penting.

Langkah social distancing yang dilakukan, seperti belajar dari rumah, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan beribadah dari rumah. Dengan begitu, penyebaran virus corona dapat terputus dan berkurang.

Nah, sudah paham arti physical distancing dan bedanya kan?

(pay/erd)