Round-Up

Seratusan Negara Meminati Alat Tes Corona, Korsel Pilih Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 07:50 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Pejabat Korea Selatan (Korsel) menyebut ada seratus lebih negara di dunia berharap mendapatkan alat medis, seperti alat tes virus Corona (COVID-19) produksi negaranya. Namun dari ratusan negara yang melakukan komunikasi untuk hal tersebut, Indonesia, Amerika Serikat (AS), Uni Emirat Arab (UEA) menjadi tiga negara prioritas pemerintah Korsel dalam hal ekspor alat medis.

"Negara yang kami tempatkan sebagai paling prioritas adalah AS, karena telah ada lonjakan infeksi baru di sana, dan Presiden Donald Trump juga telah membuat permintaan kepada kami sendiri. Sementara AS belum melarang masuknya warga kami dan mencapai kesepakatan pertukaran mata uang dengan Korea Selatan," ungkap seorang pejabat Korsel yang tak disebutkan namanya, dilansir media online Korsel, Yonhap News Agency, pada Jumat (27/3/2020).

Terkait alasan memprioritaskan UEA, pejabat tersebut menjelaskan untuk mempertahankan kerja sama di berbagai sektor. Sementara alasan menjadikan Indonesia prioritas adalah karena mitra kunci Korsel untuk New Southern Policy (NSP), yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan 10 anggota Asosiasi Negara Asia Tenggara.

Pejabat di Negeri Ginseng tersebut mengatakan Kementerian Luar Negerinya membuat pernyataan itu sehari setelah pemerintah mengadakan pertemuan. Disebutkan pertemuan itu dihadiri tim antar lembaga yang dibentuk untuk membahas keseimbangan antara permintaan domestik dan ekspor soal produk medis terkait Corona itu, atau penyediaan barang-barang medis yang bersifat kemanusiaan atau ekspor.

Selanjutnya
Halaman
1 2