Imbau Warga Tetap di Rumah, Kadin DKI Jakarta Beri Saran Ini ke Anies

Moch Prima Fauzi - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 23:25 WIB
KADIN
Foto: Dok. KADIN
Jakarta -

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta mengajak masyarakat mematuhi imbauan pemerintah diam di rumah agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi menilai masyarakat di beberapa wilayah Jakarta masih banyak yang belum memiliki kesadaran kondisi tanggap darurat. Masyarakat, kata dia, seakan-akan tidak peduli dan tidak ada upaya pencegahan.

"Warung masih dipakai ngumpul, pasar masih bebas tanpa ada pengaman, di mana mana masyarakat masih nongkrong," Kata Diana Dewi dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).

Untuk itu saya sudah sampaikan kepada Bapak Gubernur untuk dapat melakukan beberapa langkah-langkah agar penangan Covid-19 yang dilakukan selama ini dapat berjalan dengan efekif dan dalam waktu yang singkat," imbuh dia.

Diana menusulkan beberapa hal agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui walikota dapat menginstruksikan masyarakat dengan bantuan perangkat daerah hingga di tingkat Rukun Tetangga (RT) agar masyarakat tetap berada dirumah. Lalu Dipasar-pasar tradisional diminta untuk selalu menjaga jarak termasuk beberapa penjual makanan agar alat pelindung diri, minimalnya menggunakan masker dan menyediakan handsanitizer.

Selain itu aparatur pemerintah dalam hal ini Satpol PP dibantu POLRI dan TNI dapat melakukan patroli untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap di rumah. Bila perlu, kata Diana, ada ditindak tegas dari petugas. Beberapa hal tersebut menurut Diana sudah disampaikan langsung kepada Gubernur DKI Jakarta.

"Saya pikir kita semua harus dapat ambil bagian dari proses Tanggap Darurat yang dilaksanakan saat ini, dan minimal yang bisa kita lakukan adalah dengan berdiam diri di dalam rumah," pungkasnya.

(prf/ega)