Pertamina Salurkan Bantuan Alat Kesehatan untuk Tanggulangi Corona

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 21:56 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menyalurkan ribuan bantuan untuk penanganan wabah virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia. Dalam dua pekan terakhir telah dibagikan 1.733 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis melalui 39 rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di wilayah Indonesia.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, bahwa Pertamina juga telah menyediakan wastafel portabel di 61 Puskesmas beserta fasilitas umum agar masyarakat dapat mencuci tangan.

"Kami juga menyadari, upaya paling utama untuk mencegah penyebaran ini adalah dengan mencuci tangan secara rutin. Karena itu, perusahaan juga telah menyediakan 61 wastafel portabel di Puskesmas dan fasilitas umum untuk memudahkan petugas medis dan masyarakat umum membersihkan tangan," ujar Fajriyah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Fajriah, selain mendistribusikan APD, Pertamina juga telah menyerahkan bantuan 13.706 sarung tangan, 58.452 buah masker dan 1.800 liter hand sanitizer kepada Rumah Sakit, Puskesmas, Posyandu, Awak Mobil Tangki (AMT), petugas SPBU dan SPBE, pelanggan, serta masyarakat umum.

Tidak hanya bantuan peralatan, Pertamina juga telah mendistribusikan 4.866 paket makanan saji sebagai bentuk dukungan kepada pihak yang masih harus bekerja di luar rumah seperti buruh, jurnalis serta tenaga medis. Selain itu Pertamina telah melakukan penyemprotan disinfektan di 248 lokasi termasuk fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat.

Fajriyah menerangkan, seluruh elemen Pertamina Group terus bergerak untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Selain memastikan wilayah operasional Pertamina aman dari penyebaran virus tersebut, Pertamina juga aktif membantu penyebaran virus di tempat-tempat umum.

"Kami terus melakukan upaya optimal untuk memastikan wilayah operasional kami terbebas dari Covid-19 sehingga layanan BBM dan LPG dapat berjalan baik dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan sesuai standar HSSE," pungkas Fajriyah.

Sebagai informasi, berdasarkan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Pertamina telah ditunjuk sebagai BUMN kordinator Penanganan Covid-19 di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Riau. Namun Pertamina akan tetap berperan aktif dalam membantu pencegahan penyebaran Covid-19 pada wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

(prf/ega)