Paket Bantuan Medis Tangani Corona dari China Tiba di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 21:52 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Paket bantuan medis untuk menangani virus Corona (COVID-19) dari Pemerintah China tiba di Jakarta. Paket bantuan medis ini terdiri dari alat tes Corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portabel, dan sejumlah alat medis lainnya.

Bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada Selasa (24/8). Tiba di Jakarta, Sabtu (28/3/2020) dan digunakan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

"Sejak merebaknya wabah COVID-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan yang tulus kepada pihak Tiongkok pada saat yang paling sulit. Kami selamanya mengingat dan menghargai persahabatan ini," tulis Kedutaan Besar (Kedubes) China untuk Indonesia di laman web resminya seperti yang dilihat detikcom.

Pemerintah China memiliki rasa yang sama dengan yang dialami Indonesia saat ini. Oleh karena itu, Pemerintah China memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya.

"Saat ini Indonesia sedang terkena wabah, pemerintah dan rakyat Tiongkok memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami rakyat Indonesia, sementara mengatasi kesulitan diri sendiri, memberikan bantuan dengan segenap kemampuannya," ujar Kedubes China.

Seluruh elemen di China secara aktif menawarkan bantuan alat medis ke Pemerintah Indonesia. China juga memfasilitasi pembelian alat medis oleh Pemerintah Indonesia.

"Pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat Tiongkok juga dengan aktif menawarkan bermacam-macam bantuan alat medis melalui berbagai saluran untuk mendukung Indonesia melawan pandemi. Pihak Tiongkok juga mendukung dan memfasilitasi pembelian alat-alat medis oleh pemerintah dan perusahaan Indonesia di Tiongkok," kata Kedubes China.

"Kami percaya bahwa melalui pengujian wabah ini, persahabatan antara kedua negara dan rakyatnya akan semakin erat. Rakyat Indonesia pasti dapat mengalahkan wabah ini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia terus bertambah. Total sejauh ini ada 1.155 kasus positif Corona di Indonesia.

"Total kasus menjadi 1.155," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang ditayangkan di saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3).

(rfs/fjp)