Cegah Penyebaran Corona, Kemenhub Batasi Pengerjaan Proyek Kereta Api

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 20:16 WIB
Cegah Penyebaran Corona, Kemenhub Batasi Pengerjaan Proyek Kereta Api
Cegah Penyebaran Corona, Kemenhub Batasi Pengerjaan Proyek Kereta Api (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Angka penyebaran virus corona (COVID-19) terus meningkat setiap harinya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian mengeluarkan instruksi terkait prosedur kerja kegiatan pembangunan fisik prasarana perkeretaapian yang melibatkan banyak orang.

Arahan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. KA.008/A.98/DJKA/20 Tentang Tindak Lanjut Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada pelaksanaan pembangunan perkeretaapian. SE tersebut sejalan dengan Protokol Pencegahan COVID-19 di Proyeksi Kontruksi yang telah dikeluarkan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka memberikan perlindungan dan mewujudkan keselamatan dan kesehatan penyelenggaraan konstruksi.

"Kita memiliki beberapa balai yang tersebar di Jawa dan di Sumatera, serta Sulawesi yang saat ini melangsungkan pembangunan prasarana, misalnya pembangun jalur, stasiun, fasilitas operasi dan lain sebagainya yang semua melibatkan banyak pekerja. Tentu ada potensi terjadinya penularan COVID-19," demikian pernyataan tertulis dari Direktur Prasarana Perkeretaapian, Heru Wisnu Wibowo, Sabtu (28/03/20).

Heru berharap instruksi yang termuat dalam surat edaran dapat berjalan. Seluruh pihak di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian bisa menunda pekerjaan Switch Over yang melibatkan banyak personel.

"Melaksanakan pembatasan personel dan menjaga jarak serta menggunakan APD dan masker pada pekerjaan yang melibatkan banyak orang seperti kegiatan pra konstruksi dan konstruksi yang meliputi track laying, pengecoran bantalan, menggeser atau mengangkat rel, serta kegiatan instalasi atau test and commissioning peralatan Fasilitas Operasi Kereta Api," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2