Bupati Aceh Besar Surati Menhub Minta Bandara SIM Tutup Sementara

Agus Setyadi - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 14:27 WIB
Bandara SIM Aceh pasang garis kuning.
Bandara SIM Aceh (Foto: dok. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda)
Banda Aceh -

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyurati Menteri Perhubungan (Menhub) menutup sementara Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh. Penutupan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona di Tanah Rencong.

Surat bernomor 553.1/1296 ditujukan Mawardi kepada Menhub c/q Perhubungan Udara. Surat dengan perihal 'permohonan penutupan Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar' itu dikirim Mawardi pada Jumat (27/3/2020). Jabatan Menhub sementara diisi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan karena Budi Karya Sumadi dirawat setelah terinfeksi virus Corona.

Pada poin pertama surat, Mawardi menjelaskan penyebaran virus Corona terus meningkat di seluruh dunia. Hal itu berdampak pada korban jiwa sehingga perlu penanganan secara cepat, tepat, dan fokus.

Selain itu, Mawardi mengungkapkan penyebaran COVID-19 sudah sampai ke Aceh dan pasien tersebut tiba di Tanah Rencong melalui Bandara SIM. Bandara internasional tersebut terletak di Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

"Berkenan dengan hal tersebut, harapan kami penutupan untuk sementara Bandara Sultan Iskandar Muda untuk penerbangan komersial merupakan salah satu solusi yang tepat agar penyebaran COVID-19 tidak semakin luas di Aceh," isi poin ketiga surat Mawardi.

Simak juga video Kondisi Terkini Pembangunan RS Corona di Pulau Galang:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3