Pandemi COVID-19, Kemendikbud Adakan Pertunjukan Seni Sistem Daring

Rahel Narda - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 14:19 WIB
Pertunjukan seni Marwah Bumi Melayu digelar di Gedung Kesenian Jakarta. Pertunjukan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kebudayaan Indonesia, khususnya budaya Seni Melayu.
Ilustrasi pertunjukan seni (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah seniman berinisiatif melakukan pertunjukan melalui sistem dalam jaringan (daring) selama masa pandemi COVID-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyambut baik kegiatan tersebut.

"Ini wujud nyata gotong royong memajukan kebudayaan. Kita tidak tinggal diam menghadapi pandemi COVID-19 ini, tapi justru secara aktif membantu sesama dengan karya kreatif, dengan cara yang juga inovatif. Luar biasa," kata Nadiem dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/3/2020).

Nadiem mengatakan program tersebut dapat membantu para pekerja seni tetap produktif di masa pandemi COVID-19. Dengan begitu, menurut Nadiem, masyarakat juga dapat belajar tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia.

"Dengan adanya program ini, kita bisa membantu para pekerja seni dan pelaku budaya untuk tetap produktif di tengah masa sulit ini. Para pemirsa pun bisa belajar banyak tentang kekayaan seni dan budaya kita," ucap Nadiem.

Adapun pertunjukan daring itu akan dimulai pada Senin, 30 Maret 2020, melalui akun YouTube resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, 'Budayasaya'. Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menegaskan program tersebut dibuat oleh para seniman di rumah masing-masing.

"Kemendikbud akan membantu dari segi produksi dan menyiarkan hasilnya melalui akun Budayasaya. Tapi selanjutnya kita ingin menggandeng lebih banyak komunitas kreatif, lembaga kebudayaan, dan siaran televisi, agar jangkauannya lebih luas," ujar Hilmar.

Sekolah Diliburkan Gegara Corona, Ini Alternatif Belajar Gratis via Online:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)